Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
InovasiNasional

KIPI Diproyeksikan Jadi Kawasan Industri Hijau Besar Dunia

113
×

KIPI Diproyeksikan Jadi Kawasan Industri Hijau Besar Dunia

Sebarkan artikel ini

Green Industry Sedang Jadi Tren Global

Warta Press, Bulungan, Kaltara – Green industry sedang menjadi tren global di tengah cepatnya perubahan iklim dan ancaman krisis energi. Industri hijau mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan dalam proses produksi.

Industri hijau diharapkan mampu menyelaraskan pembangunan industri melalui kelestarian lingkungan hidup serta bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Indonesia sedang berupaya mempersiapkan diri menghadapi tren dunia tersebut.

Baca Juga:  Musim Panen Padi Tiba, Bulog Diminta Serap Maksimal Gabah Petani

“Hamparan lahan yang saya kunjungi siang tadi di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara masih terlihat kosong, tapi inilah salah satu kawasan yang menjadi masa depan Indonesia. Ya, Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) ini akan menjadi kawasan industri hijau besar di dunia,” ungkapnya melalui akun media sosial Presiden Joko Widodo, pada Selasa (28/02/2023).

Presiden menjelaskan, kawasan seluas 13.000 hektare ini sedang dipersiapkan untuk pembangunan industri EV baterai, petrokimia, dan industri alumunium. Diharapkan agar didukung oleh energi hijau dari energi terbarukan hydropower Sungai Mentarang dan Sungai Kayan di Kalimantan Utara.

Baca Juga:  KNPI Pusat: Pj. Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw Berprestasi, Layak Diperpanjang

“Dengan kekuatan kompetitif seperti itu — energinya hijau, barang-barang yang dihasilkan juga produk hijau — KIPI akan menjadi kawasan industri yang kuat. Saya sendiri akan terus memonitor progres pembangunan kawasan industri hijau KIPI agar dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan,” lanjut Jokowi. **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *