Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
BeritaUmum

Masih ada Dualisme, Munas IKA UB 2023 Disarankan Ditunda Tahun Depan

534
×

Masih ada Dualisme, Munas IKA UB 2023 Disarankan Ditunda Tahun Depan

Sebarkan artikel ini

Pengamat khawatirkan keabsahan hasil Munas timbulkan polemik hukum

WartaPress, Kota Malang – Agenda besar, Musyawarah Nasional Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (MUNAS IKA UB 2023), berdasarkan periodesasinya akan diselenggarakan tahun ini.

Namun, sejumlah pihak menilai agenda nasional yang mengundang banyak delegasi tersebut akan lebih bijaksana jika diselenggarakan dengan meriah usai Pemilu 2024 mendatang.

“Mekanisme organisasi memang penting dijalankan, tetapi ada yang lebih urgent, yaitu penuntasan masalah internal, dan secara eksternal ada pesta demokrasi Pemilu dan Pilpres tahun depan,” kata Pengamat Kebijakan Publik, Afrianus Adven Kadha, S.Sos., M. AP kepada media ini.

Baca Juga:  Hari Pahlawan 2023, Enam Tokoh Mendapat Anugerah Gelar Pahlawan Nasional

Menurut alumnus Pasca Sarjana FIA UB yang juga peneliti di Warta Press Network (WPN) ini, organisasi seperti ikatan alumni kampus itu lembaga yang bersifat sosial dan kekeluargaan. Sehingga tidak bisa terlalu kaku dalam menjalankan roda organisasi.

“Sebaiknya tuntaskan dulu masalah seperti dualisme kepengurusan IKA di Jawa Timur, jangan terburu-buru, yang ujungnya adalah menjadi ajang rebutan posisi,” lanjut Adven, pemuda yang juga pengurus inti DPD KNPI Provinsi Jawa Timur ini.

Baca Juga:  Sinergi TNI - Polri Bantu Masyarakat dengan Bakkes dan Baksos

Katanya, jika Munas IKA UB dipaksakan dilaksanakan tahun ini, sementara polemik dualisme daerah belum tuntas, maka ke depannya akan rancu, terutama berkaitan dengan keabsahan status hasil Munas.

“Jatim misalnya, kubu IKA mana yang diundang sebagai peserta penuh Munas? Bagaimana jika kubu yang lainnya melawan secara hukum karena tidak dilibatkan dalam kepesertaan Munas?” tanyanya.

Menurut pendapat Adven sebagai bagian dari alumni, ada baiknya Munas 2023 ditunda tahun depan, sambil menyelesaikan dualisme kepemimpinan di IKA yang saat ini belum clear masalah soliditas strukturalnya. (Red1/lam/wp). **

Baca Juga:  EM UB Tulis 'Pancasila Tidak Pernah Lahir pada 1 Juni' Dikecam KNPI JATIM
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *