Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
NarasiTokoh

Sam HC Ajak Pelaku UKM Jangan Anti Politik

346
×

Sam HC Ajak Pelaku UKM Jangan Anti Politik

Sebarkan artikel ini

Juga ungkap "core" bisnis agar melesat

WP, Kota Malang – Berbagai sektor kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tak bisa dilepaskan dari proses politik, termasuk di dunia usaha, khususnya sektor UKM.

Tentang strategi bisnis UKM dan politik menjadi tema menarik dalam obrolan santai dan sharing antara Sam HC, sapaan akrab Heri Cahyono, pengusaha kelahiran Malang, dengan sejumlah anak-anak muda potensial dan masyarakat di sebuah toko kopi seputar Pasar Klojen Kota Malang baru-baru ini.

“Kebijakan untuk UKM, kebijakan harga, kesejahteraan dan sebagainya itu, ditentukan dari proses politik,” kata Sam HC, sebagaimana dikutip media ini dari reel akun IG nya (hericahyono.official), pada Selasa (13/11).

Baca Juga:  Membedah Konsep "Ono Sing Anyar" Sam HC: Kepemimpinan Kota Malang Berdaya Saing

Paparan tokoh yang sudah matang pengalaman bisnisnya ini dapat dipahami, bahwa banyak kebijakan pemerintah, regulasi yang menyangkut bisnis dan UKM, melewati mekanisme yang dirancang berdasarkan pertimbangan dan proses politik. Bahkan aktor penggerak hingga eksekutor kebijakan juga dilahirkan dari mekanisme demokrasi, dan politik. Dalam pemilu / pilkada misalnya, akan melahirkan para stakeholder pembangunan, yang tugasnya membuat, melaksanakan dan mengawal kebijakan di semua lini.

Sehingga, lanjutnya, edukasi politik juga sama relevannya dengan edukasi di sektor bisnis. Semua saling berkaitan. Keseimbangan wawasan akan mendukung keberhasilan masyarakat dan khususnya pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya.

Baca Juga:  Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M., Tokoh Asli Jawa Timur, Maju CALEG DPR RI di Dapil JATIM VI

Dalam diskusi gayeng ini, Sam HC juga mengungkap “core” bisnis agar melejit, di tengah iklim usaha yang semakin kompetitif.

Meskipun dari sisi marketing sudah jago, tapi untuk core bisnis, yang menentukan apakah usaha anak melesat atau justru merosot, adalah manajemen berbasis data. “Rata-rata UKM bisnis tidak mau manajemen,” lanjutnya. Padahal penting dipahami betapa manajemen (basisnya data) itu dapat memperjelas mana UKM sehat atau mana yang tidak.

Baca Juga:  Kongres HMI XXXII di Pontianak: Pertarungan Gagasan dan Kepentingan Elit

Andaipun kondisi pasar sedang stabil dan penjualan suatu produk UKM sedang lancar misalnya, namun untuk menjaga kesinambungan pasarnya hingga menggenjot penjualannya, harus tetap dengan membangun manajemen yang baik, dan menggali data. Dari data tersebutlah manajemen perusahaan/UKM menganalisis peluang, hambatan, terobosan, kompetitor dan lainnya, kemudian mengambil keputusan bisnis secara tepat.

Peserta diskusi, yang meski singkat namun substansial ini, mengakui apa yang dipaparkan Sam HC bermanfaat dan dapat diaplikasikan ke dalam keseharian. (Aak/ed-wp). **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *