Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
HiburanMusik

Suara Merdunya Khas, Biduan Ini Layak Jadi “Ratu Ambyar” 2023

310
×

Suara Merdunya Khas, Biduan Ini Layak Jadi “Ratu Ambyar” 2023

Sebarkan artikel ini

Mendominasi Trend Musik Dangdut di You Tube

Warta Press, Musik – Persaingan di  segmen musik dangdut koplo Jawa sangat ketat, sejak genre ini selalu viral dalam 10 tahun ini. Dari era Eny Sagita, Via Valen, Nella Kharisma hingga Happy Asmara, dan 1 tahunan ini muncul pendatang baru yang paling moncer di berbagai kanal media sosial seperti TikTok, Facebook hingga You Tube.

Dialah Yeni Inka, penyanyi muda yang akhirnya dijuluki Ratu Ambyar Indonesia. Dia sering mengcover lagu dan setiap diunggah di YouTube dalam waktu yang cepat lagsung mendapatkan jutaan viewers. Semua konten videonya selalu diburu penggemar.

Baca Juga:  Angkat Sudut Pandang Penderita Skizofrenia, Memor Luncurkan Album The Light Guides Me Blue

Era kejayaan dangdut koplo Jawa dimulai pasca reformasi dan meledak ketika tampil biduan Eny Sagita dengan album “Ngamen” nya. Mulailah bermunculan banyak biduan dangdut berbahasa Jawa dan terbentuk massif penggemar genre tersebut tidak hanya kalangan masyarakat Jawa, tetapi juga dari penggemar luar Jawa.

Genre musik ini masuk di kalangan milenial dan menengah ke atas ketika hadir Nella Kharisma “Jaran Goyang” yang medok tapi berpenampilan fashionable ala KPop, dan Via Valen yang bersuara merdu yang melambung dengan lagu “Sayang”. Kemudian muncul Happy Asmara yang mendominasi dengan wajah manis dan suaranya yang khas.

Baca Juga:  Mencari Pengampunan, Slowanderer Gaet Fahem Lepas Single "Hold"

Peta dangdut koplo berubah ketika tampil pendatang baru yang moncer awal tahun 2022 an yang suaranya merdu tinggi dan berirama khas. Lagu-lagu galau dinyanyikannya dengan sempurna, sehingga banyak yang menilainya sebagai “ratu ambyar” paling favorit sejak tahun lalu. Siapa lagi kalau bukan Yeni Inka.

Pemilik nama lengkap Yeni Inka Novitasari ini lahir di Blora Tanggal 8 November 2000. Pendidikannya, SMAN 1 Randublatung, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang jurusan Hukum. Diberitakan, Yeni belajar menyanyi secara otodidak, tidak pernah mengikuti kursus vokal.

Baca Juga:  Sorai Seroja Memperkenalkan Awal Saga, Lewat Single Mayapada

Dia pernah bercerita (kepada Kontributor kompas.com), di Blora, kampung halamannya, dia sudah menjadi sinden seni Barongan sejak TK. Lalu usia SD menjadi jathil dan ikut Ketoprak. Menyanyi dangdut dari panggung ke panggung baru ditekuni Yeni sejak kelas 5 SD. Perjalanan karirnya menanjak ketika hadir di platform medsos seperti YouTube dan Tiktok. **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *