Scroll untuk baca post-konten
Example floating
Example floating
Warta Muda

Menyambut Pesta Demokrasi, BEM NUSANTARA JAWA TIMUR Gelar Dialog Nusantara dan Deklarasi Pemilu Damai 2024

372
×

Menyambut Pesta Demokrasi, BEM NUSANTARA JAWA TIMUR Gelar Dialog Nusantara dan Deklarasi Pemilu Damai 2024

Sebarkan artikel ini

WP, Surabaya (27/12/23) – BEM NUSANTARA JAWA TIMUR menggelar Dialog Nusantara & Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 pada Rabu (27/12) di Bangsal Poncowaliko, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Jawa Timur, Kadispora Jawa Timur, dan Peserta dari Berbagai Kampus di Jawa Timur, dan juga menghadirkan narasumber dari KPID Jawa Timur, RRI Surabaya serta Akademisi.

Pembacaan Deklarasi Pemilu Damai bertema ‘Pendidikan Politik Cerdas Menanggulangi Isu Sara, Hoax dan Politik Identitas’ ini dipimpin oleh Elang Bagus Dwi Tunggal ( Koordinator Daerah BEM Nusantara Jawa Timur ) Deklarasi ini berisi kesiapan berpartisipasi dan berperan aktif pada Pemilu 2024 secara jujur, adil, santun, berbudaya dan bermartabat serta mendukung pelaksanaan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Selain itu, peserta siap berkampanye secara produktif, mengedepankan unsur budaya dan kearifan lokal. Pun siap bekerja sama untuk tidak melakukan politik uang, politisasi SARA, menyebarkan berita HOAX, provokasi dan ujaran kebencian. Siap bekerja sama dengan seluruh Elemen, untuk menjaga situasi Kambtibmas yang kondusif, aman dan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di Jawa Timur, serta dapat mengendalikan masa pendukung masing-masing dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat penegak hukum. Terakhir, siap menerima apapun hasil Pemilu 2024 dengan terbuka dan lapang dada.

Baca Juga:  Rakerda KNPI Provinsi Papua Barat: Smelter Freeport di Jatim Harus Akomodir Naker OAP

“Harapan saya, (isi deklarasi) itu dijalankan. Pemerintah mematuhi, KPU, peserta bahkan pemilih pemilu juga mematuhi. Yang penting seluruh masyarakat tetap nyaman, tenang, dan berpikir jernih untuk menentukan pilihan. Mereka datang ke TPS tanpa khawatir. Bisa menggunakan hak untuk menentukan pilihan,” tutur Elang Bagus Dwi Tunggal

Secara esensi Pemilu merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Bingkai Karya Luncurkan Program "KATA KITA", Dipandu Tandem Terbaik Dengan Pengalaman Lebih Dari 10 Tahun, Tanti Dan Dewi

“Nilai-nilai demokrasi adalah menyelesaikan pertikaian secara damai dan sukarela, menjamin terjadinya perubahan secara damai, pergantian penguasa dengan teratur, sesedikit mungkin unsur paksaan dalam pembuatan, pelaksanaan, dan penegakan keputusan politik, adanya pengakuan terhadap nilai keanekaragaman, adanya pengakuan dan jaminan atas tegaknya keadilan, serta ilmu pengetahuan yang maju,” jelas Elang Bagus Dwi Tunggal

Sesuai dengan batasan kewenangan dan bidang urusan masing-masing, Sri Sultan mengajak semua pihak untuk memastikan Pemilu Damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, tetapi sebagai ikhtiar, untuk menciptakan atmosfer yang kondusif. Menjaga kedamaian selama Pemilu adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa, tanpa terkecuali.

Baca Juga:  DPP KNPI Bertemu Menteri Pertanian Malaysia dan Presiden MBM, Bahas Kerjasama Ketahanan Pangan

“Mari kita saling bekerja sama, sehingga Pemilu 2024 dapat menjadi bukti bahwa masyarakat telah kian cerdas dalam berpolitik, sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan kita sebagai Bangsa Indonesia,” ujar Elang Bagus Dwi Tunggal.

Usai acara, Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam menyebutkan, Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang digelar ini merupakan kegiatan kolaboratif antara Pemuda dan Mahasiswa . Upaya tersebut pun demi mendorong di Jawa Timur semakin damai selama Pemilu 2024. “Ini menjadi concern kita semuanya. Kita tidak bisa menggantungkan Pemilu damai hanya pada penyelenggara pemilu, pada pemerintah daerah. Namun semua pihak harus mengambil peran agar kemudian kita bersama-sama mewujudkan Jogja ini damai pada saat Pemilu tahun 2024,” ucap Choirul Anam Ketua KPU Jawa Timur. (Rls/wp). **

Example 120x600