Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
BeritaRegional

Dihadapan Peserta UKW, LPS Sampaikan Roadmap 2023 – 2028

136
×

Dihadapan Peserta UKW, LPS Sampaikan Roadmap 2023 – 2028

Sebarkan artikel ini

Emban Mandat Baru UUP2SK

WartaPress, Kota Malang JATIM – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), memaparkan rencana strategisnya di tahun 2023 -2028 disela-sela penutupan Uji Kopetensi Wartawa  yang digelar Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Malang Raya, akhir pekan kemarin.

Humas LPS Haydin Haritzon,
mengemukakan LPS  telah menyusun rencana strategis untuk mengemban amanat Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sistem Keuangan (UU P2SK).

Itu semua menurut dia,  demi sektor keuangan yang lebih berkembang, inklusif, stabil, dan berkelanjutan.

“UU P2SK merupakan  bentuk respon atas beberapa tantangan bagi sektor keuangan Indonesia seperti masalah literasi keuangan, ketimpangan akses keuangan, perlindungan investor dan konsumen, serta kebutuhan atas penguatan kerangka koordinasi penanganan stabilitas sistem keuangan,” ujarnya.

Baca Juga:  Cuti Bersama 19–25 April 2023, Gubernur Khofifah Minta ASN Pemprov JATIM Patuh Aturan

Haydin, lebih jauh memaparkan UU P2SK ini merupakan omnibus law yang merevisi beberapa undang-undang di sektor keuangan, termasuk di antaranya UU LPS dan UU PPKSK.

Disebutkan dia, secara ringkas, dalam UU P2SK ini terdapat empat perubahan utama pengaturan yang terkait dengan LPS yakni Kelembagaan LPS; Fungsi Penjaminan dan Resolusi Bank, Penempatan Dana LPS; dan yang terakhir mandat baru berupa Program Penjaminan Polis Asuransi.

Baca Juga:  Survival International: Sebuah Suku Terasing Rawan Tergusur Proyek Nikel untuk Baterai Mobil Listrik di Halmahera

Haydin menjelaskan bahwa untuk menindaklanjuti mandat baru tersebut, LPS telah menyusun road map atau rencana strategis dari tahun 2023 sampai dengan tahun 2028. Pada tahun 2023 ini, LPS akan berfokus pada penyusunan desain organisasi, proses bisnis, tata kelola, dan kebijakan. Lalu, di tahun 2024, LPS akan menargetkan penyelesaian penyusunan peraturan sembari melakukan pemenuhan serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) secara bertahap.

Pada tahun 2025, lanjutnya  akan dilakukan pemenuhan infrastruktur, pengembangan IT, dan penyempurnaan SDM. Kemudian pada periode 2026–2027, LPS akan menyelesaikan seluruh tahapan pelaksanaan mandat baru, dan  menjalankan evaluasi pada setiap tahapan.
Sedangkan  di tahun 2028, LPS akan melakukan implementasi program penjaminan polis sesuai amanat UUP2SK.

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Indonesia percepat transisi energi melalui penambahan energi baru terbarukan skala besar

Sementarta itu Ketua PWI Malang Raya Cahyono, menyampaikan, pihakanya berterimakasih atas peran LPS yang telah meberikan  informasi kepada para wartawan yang baru saja mengikuti uji Kopetensi.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada LPS, jalinan kerjasama antara LPS dan PWI Malang raya akan terus ditingkatkan di kemudian hari,”tukas Cahyono. (mut/wp). **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *