Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
Layanan PublikPEMDA

Sambut Bulan Suci Ramadan Pemerintah Kota Malang Gelar Festival Musik Patrol Modern The Beautiful Vibes Of Ramadan 1445 H

69
×

Sambut Bulan Suci Ramadan Pemerintah Kota Malang Gelar Festival Musik Patrol Modern The Beautiful Vibes Of Ramadan 1445 H

Sebarkan artikel ini

WartaPress, Kota Malang JATIM – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menggelar Festival Musik Patrol Modern bertajuk ‘The Beautiful Vibes of Ramadan 1445 Hijriah’ di halaman Balai Kota Malang, Sabtu (9/3/2024).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM menyebutkan, penyelenggaraan Festival Musik Patrol ini dilakukan sebagai bagian dari upaya dari mempertahankan tradisi yang sudah lama dilakukan di setiap bulan Ramadan. Selain menyambut bulan suci Ramadan, Festival Musik Patrol kali ini  juga digelar untuk mengawali rangkaian kemeriahan HUT ke-110 Kota Malang yang jatuh pada tanggal 1 April nanti.

Baca Juga:  Semarak Kirab Piala Adipura, Pj. Walikota Malang Tegaskan Komitmen Tingkatkan Kualitas Lingkungan Hidup

Menurut Penjabat Walikota Malang, saat ini musik patrol bukan hanya kegiatan membangunkan orang sahur, tetapi juga berkembang menjadi sebuah kesenian unik yang perlu dilestarikan.

“Saat ini musik patrol sudah modern, tidak hanya untuk membangunkan orang sahur, tapi bisa dipadukan dengan kesenian-kesenian. Jadi ini harus kita kembangkan,” ungkapnya.

Kepala  Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Baihaqi, SPd, SE, M.Si menyampaikan Festival Musik Patrol Modern ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh komunitas pegiat kesenian musik patrol. Pesertanya pun tidak hanya di Kota Malang saja, tetapi juga dari daerah di sekitar Kota Malang.

Baca Juga:  Pemerintah Kota Malang Adakan Sosialisasi Penyadaran Pemuda Anti Narkoba “War On Drugs”

“Kegiatan ini juga selalu ditunggu-tunggu oleh komunitas musik patrol di Kota Malang, sebab bagi mereka bisa tampil di Balai Kota Malang merupakan kebanggaan tersendiri, dan kami sangat mengapresiasi antusiasme tersebut,” jelasnya

Festival Musik Patrol ini sendiri merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota Malang terhadap kesenian musik tradisional yang termasuk dalam 17 subsektor ekonomi kreatif. Maka dari itu ke depannya Pemerintah Kota Malang akan banyak menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan seni musik tradisional sebagai salah satu upaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kota Malang.

Baca Juga:  Polri Salurkan 50 Ton Beras ke Ende dan Maumere, NTT

“Kota Malang kan sebagai kota wisata, di mana salah satu daya tariknya adalah kegiatan seni budaya. Dan kalau kegiatan tersebut sudah masuk ke kalender event, itu nantinya akan mampu menarik wisatawan untuk datang,” imbuhnya.

Festival Musik Patrol 2024 ini diikuti sebanyak 15 tim dan tampil sebagai juara pertama adalah Group Sardulo Djoyo yang berasal dari Kecamatan Sukun, Kota Malang. (Rls/aak/wp). **

Example 120x600