Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
PolitikSurvey-Polling

Survey LSI Sebut Basis PKB Ikut Dukung Prabowo-Gibran

69
×

Survey LSI Sebut Basis PKB Ikut Dukung Prabowo-Gibran

Sebarkan artikel ini

WP, Jawa Timur – Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di basis pemilih PKB dan PPP. Hal ini terekam dalam hasi jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) di Jawa Timur terbaru.

Dalam survei yang diadakan pada 16-28 Desember 2023 itu, Prabowo-Gibran mendapat dukungan paling banyak dari konsituen PKB yakni sebesar 38,8 persen. Pasangan tersebut bersaing ketat dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapat 38,4 persen di pemilih PKB.

Baca Juga:  Meski Tak Lolos Ambang Batas Parlemen, PSI Sampaikan Terima Kasih pada Pemilihnya

“Di kalangan pemilih PKB, arah dukungan cenderung terbelah antara Anies–Muhaimin dan Prabowo–Gibran,” kata Direktur Eksekutif Djayadi Hanan dalam kesimpulan survei, Jumat (5/1).

Sementara itu, hal yang sama juga terekam dari konsituen PPP yang paling belum solid dan tegak lurus dengan partai dalam memenangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Basis pemilih PPP di Jatim justru lebih banyak mengarahkan dukungannya kepada Prabowo-Gibran. PPP yang memiliki basis sebesar 1,9 persen di Jatim mayoritas 44,2 persennya memilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Sedangkan Ganjar-Mahfud yang didukung oleh PPP, hanya 21,7 persen kosituen partai mendukungnya.

Baca Juga:  Polling World of Statistics Ungkap MedSos yang Ingin Dipertahankan Warganet Dunia

“Sementara itu, kalangan pemilih PPP cenderung lebih banyak yang mendukung PrabowoGibran, tidak sejalan dengan dukungan partai tersebut kepada Ganjar–Mahfud,” lanjut Djayadi.

Dalam survei tersebut, mayoritas pemilih partai sudah cukup tegak lurus dengan partaipartai yang mendukung pasangan calon masing-masing. Kecuali PKB dan PPP yang masih ada segelintir konsituennya yang mendukung Prabowo-Gibran.

“Arah dukungan pemilih partai-partai pengusung calon presiden dan wakil presiden cenderung sejalan dengan dukungan partai masing-masing,” pungkasnya. (Rls/wp). **

Baca Juga:  DPW PAN Papua Tengah Gelar Fit and Proper Test Bakal Cabup dan Cawabup se-Papua Tengah
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *