Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
PolitikRegional

DPW PAN Papua Tengah Gelar Fit and Proper Test Bakal Cabup dan Cawabup se-Papua Tengah

487
×

DPW PAN Papua Tengah Gelar Fit and Proper Test Bakal Cabup dan Cawabup se-Papua Tengah

Sebarkan artikel ini

WartaPress, Nabire PPT – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Provinsi Papua Tengah (PPT) menggelar fit and proper test untuk para bakal Calon Bupati (Cabup) dan bakal calon Wakil Bupati (Cawabup) untuk delapan kabupaten se Papua Tengah di Nabire.

Ketua DPW PAN Papua Tengah, Deinas Geley mengatakan kegiatan tersebut hanya dilaksanakan satu hari dari Pukul 09.00 WIT hingga tutup pada pukul 20.00 WIT. Sementara, alasan dari seleksi ini dilakukan karena Papua Tengah merupakan provinsi baru, maka itu langkah harus dilakukan agar para figur pun dapat membangun daerah ini dengan baik. Kemudian, alasan lainnya juga agar para bakal calon bisa mencari rekomendasi ke partai lainnya lagi.

“Untuk itu, kami gelar seleksi ini untuk menguji kemampuan mereka,” tambah Deinas di Hotel Karya Papua, Nabire, PPT, pada Selasa, (22/04/2024). Dalam tahapan seleksi, menurut Deinas, bukan anggota atau pengurus partai yang menguji tetapi para akademisi yang didatangkan dari Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Nabire, dan Universitas Satya Wiyata Mandala (Uswim) Nabire.

Baca Juga:  Douglas: Pemuda Merauke yang Menjuarai Lomba Stand Up Komedi Polda D.I.Yogyakarta

Materi yang diberikan yakni terkait wawasan kebangsaan pancasila, dan wawasan tentang otonomi khusus, maupun visi misi dari bakal calon.

“Jadi para akademisi ini menguji dan memberikan hasil, lalu nanti dari hasil yang didapatkan oleh para calon akan dibawa ke pusat, karena di sanalah yang akan menentukan dan mengeluarkan rekomendasi, karena sesuai AD/ART, dari pusat hingga daerah, harus dilakukan seperti ini,” katanya lagi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, DPC PAN Papua Tengah juga telah membuka pendaftaran untuk bakal cabup dan cawabup sejak 1 hingga 14 April 2024. Dari hasil itu, terdapat 17 peserta yang mendaftar sebagai bakal Cabup dan Cawabup.

Baca Juga:  Teruji, Gagasan Deinas Geley Menyentuh Langsung Masyarakat Bawah

Sementara, Rektor STAK Nabire, Dr. Yance Nawipa, M.Th., yang juga sebagai penguji dalam tes tersebut mengatakan, terkait seleksi yang dilakukan oleh DPW PAN Papua Tengah, sangatlah baik. Artinya, dengan metode seleksi ini maka kedepan para bakal calon pun dapat menjadi pemimpin yang berkualitas.

Masih menurut Yance, dalam seleksi, ada beberapa materi ujian yang diberikan sekaligus.

“Pertama, mengenai wawasan kebangsaan. Kenapa demikian, karena nilai-nilai dari Pancasila ini perlu diinternalisasi hingga menjadi baik, agar para bakal calon bisa mengembangkan model gaya kepemimpinan terbaik, karena nilai ini sangatlah penting, selain budaya maupun agama,” jelas Yance.

Kemudian, para calon juga diuji mengenai wawasan tentang Otsus Papua. Hal ini diuji agar yang bersangkutan harus dapat mengerti dan menerjemahkan secara praktis di lapangan mengenai apa itu Otsus, sehingga keberpihakan dan keadilan, serta kebenaran, dapat ditegakkan sesuai aturan yang ada.

Baca Juga:  Aliansi Masyarakat - Pemuda Adat Kabupaten Boven Digul Papua Selatan Tolak Perusahaan yang Merusak Lingkungan

Kemudian para bakal calon juga diuji soal visi-misi mereka yang lahir dari kenyataan realitas di masyarakat dan bisa sesuai aturan – regulasi yang ada di Indonesia.

“Jadi dalam tes ini, kami melihat kedalaman kualifikasi dari para calon pemimpin ini, dan melakukan diskusi. Jadi kami penguji tes mereka soal kedalaman mengenai pemahaman tentang bagaimana para calon dapat merasakan dan memahami lebih dalam, agar bisa menerjemahkan dalam kepemimpinannya nanti,” jelasnya lagi.

Selain itu, menurut Yance, mereka juga memberikan masukan kepada para bakal calon tentang hal-hal praktis di lapangan seperti dalam mengembangkan bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

“Jadi tidak hanya tes, tapi ada juga masukan kepada mereka agar kedepan para calon pemimpin ini dapat mengembangkannya saat duduk nantinya,” pungkasnya. (Rls/sr/wp). **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *