Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
Literasi - Wawasan

Gelar Mubes, FKMSA Sepakat Wujudkan Masyarakat Jawa Timur Peduli dan Sadar Arsip

47
×

Gelar Mubes, FKMSA Sepakat Wujudkan Masyarakat Jawa Timur Peduli dan Sadar Arsip

Sebarkan artikel ini

WP, Kota Batu – Musyawarah Besar (Mubes) Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA) digelar di hotel Purnama, Kota Batu (21-22/6/2024). Acara Mubes FKMSA yang diadakan 5 tahun sekali ini dibuka oleh Ir. Tiat S. Suwardi, M.Si selaku Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur. Tiat berpesan agar FKMSA senantiasa mengawal gerakan sadar dan tertib arsip di seluruh Jawa Timur dan berperan aktif dalam memasyarakatkan kearsipan serta mendukung penyelamatan arsip sebagai memori kolektif bangsa. “FKMSA merupakan satu- satunya f√≥rum komunitas masyarakat sadar arsip di Indonesia dan hanya ada di Jawa Timur,” tegas Tiat.

FKSMA didirikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2014 dibawah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip). FKMSA didirikan dengan maksud agar perguruan tinggi  berperan menyadarkan masyarakat akan pentingnya arsip.

Baca Juga:  Hasil Riset, Istana Giri Kedaton Tempat "Pengukuhan" Raja-Raja Jawa Abad 15-17

Pada Tahun 2015, kegiatan FKMSA dikemas dalam bentuk lomba pemasyarakatan arsip ke masyarakat. Tahun 2016 kemudian dilakukan pemantapan FKMSA. Seluruh anggota FKMSA adalah para Pembina Arsip dan Arsiparis di lingkungan perguruan tinggi di Provinsi Jawa Timur. Visi FKMSA adalah terwujudnya masyarakat Jawa Timur untuk peduli dan sadar arsip, dengan misi mengembangkan kearsipan yang berkualitas bagi masyarakat dan berperan serta aktif dalam memberikan edukasi kearsipan. FKMSA saat ini beranggotakan 32 perguruan tinggi negeri, swasta dan PTKIN.

Baca Juga:  Relief di Candi Penataran Ungkap Alat Penerang Malam Abad 14

Kegiatan Mubes ini, menetapkan kembali Yunus Abdul Halim, S.Si.,M.Kom sebagai Ketua FKMSA dan Dr. Djoko Siswanto M, M.Si sebagai Wakil Ketua periode 2024-2029. Abdul Halim dan Djoko Siswanto ketika dikonfirmasi menyatakan kesediaannya menerima mandat untuk memimpin FKMSA periode 2024-2029.

Mubes juga menetapkan 4 bidang di bawah FKMSA, meliputi bidang Pemasyarakatan Kearsipan, Pembinaan dan Pelatihan Kearsipan, Informasi dan Kerjasama Kearsipan, serta Riset dan Pengembangan.

Selain itu ditetapkan juga program unggulan tahun 2024 yaitu mengimplementasikan aplikasi hasil lomba (digital arsip keluarga) dalam sebuah bimtek yang direncanakan dilaksanakan di Pamekasan, Madura.

Baca Juga:  Peranan Perawat Dalam Menurunkan Angka Stunting Melalui Pendekatan Biopsikososial

Program pemasyarakatan kearsipan dilakukan di 3 titik lokasi yaitu daerah Ponorogo, Sumenep dan Banyuwangi. Adapun tema yang ditentukan adalah Tata Kelola Arsip Sekolah dan Desa.

Tahun ini rencananya, FKMSA akan menggelar kembali berbagai lomba inovasi kearsipan yang akan diikuti oleh seluruh anggota FKMSA.

Mubes FKMSA diikuti perwakilan dari berbagqi perguruan tinggi di Jawa Timur, antara lain: Unair, ITS, UB, UHT, Unesa, UBHARA, UPN, Polinema, UNISKA, Unmuh Ponorogo, IAIN Ponorogo, UIN SATU Tulungagung, IAIN Kediri, Univ. Wiraraja, Univ. Madura (Rektor), UNIDA Gontor, UNIK, dan UIMSYA. (Tf/wp). **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *