Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
Warta Muda

Himawan: Media Modern Harus Memperkuat Edukasi Publik dan Aktualisasi Gagasan Pemuda

278
×

Himawan: Media Modern Harus Memperkuat Edukasi Publik dan Aktualisasi Gagasan Pemuda

Sebarkan artikel ini

Warta Press ▪︎ Warta Muda – Perkembangan era digital dan teknologi informatika mempengaruhi segala sektor kehidupan, termasuk di dunia jurnalistik. Jurnalistik masa kini harapkan menjadi mitra pemuda dalam hal mengaktualisasikan gagasan-gagasan visionernya untuk daerah, bangsa dan negara.

“Dunia jurnalistik harus beradaptasi dengan era yang sudah berubah. Tren sekarang adalah sinergi dan kolaborasi. Selain fungsi kontrol, salah satu tugas media adalah edukasi publik, dan tentunya juga membangun sinergi dengan kaum muda,” kata Himawan Probo Pamungkas, S.E., Ketua KNPI Jawa Timur yang juga tim inti dalam Warta Press Network, pada Jumat (17/3/2023).

Baca Juga:  Menjelang Raker, Pemuda Katolik Merauke Sampaikan Siap Bersinergi dengan Semua Elemen

Menurut pria asal Blitar ini, sinergi dalam konteks menyajikan informasi yang mencerahkan generasi, mengawal agenda pembangun, memberikan ruang bernarasi bagi kaum muda serta melawan segala bentuk hoax. Sebab katanya, banyak anak muda yang larut dalam lautan informasi media sosial, yang penuh dengan narasi negatif.

“Di antara sekian banyak informasi dan konten yang beredar di media sosial, tidak semuanya mengandung fakta. Media massa yang objektif, faktual dan naratif adalah jawaban untuk mengimbanginya,” lanjut Himawan, yang juga Koordinator Umum Biro Warta Press ini.

Baca Juga:  Forum BEM Jatim Gelar Mimbar Demokrasi, Serukan Pemilu Damai Tanpa Provokasi

Katanya, pemuda harus menjadi mitra penting media dalam rangka menyukseskan tugas jurnalistik dan ikut mendukung idealisme jurnalistik. Apalagi menurut UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers menegaskan bahwa fungsi pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

Meski demikian, sebaliknya media juga hendaknya membuka ruang seluas-luasnya bagi publikasi pemuda dan menuangkan gagasan-gagasannya untuk pemberdayaan generasi serta pembangunan, mulai dari daerah, wilayah hingga nasional. (Tac/wp). **

Baca Juga:  KNPI Kab. Malang: Tegakkan Demokrasi Substantif dan Politik Berintegritas
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *