Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
BeritaLayanan Publik

Ujian Teori SIM Dapat Dilakukan Daring Dimana dan Kapan Saja Melalui e-Avis Korlantas Polri

247
×

Ujian Teori SIM Dapat Dilakukan Daring Dimana dan Kapan Saja Melalui e-Avis Korlantas Polri

Sebarkan artikel ini

Warta Press, Polri Presisi – Berbagai inovasi dilakukan Polri dalam merespon perubahan zaman dan tuntutan pelayanan publik Polri yang prima. Baru-baru ini Korlantas Polri telah meluncurkan e-AVIS, yaitu platform Ujian Teori SIM yang dapat digunakan untuk melengkapi proses permohonan SIM di Indonesia sebagaimana diatur pada Pasal 13 Peraturan Kepolisian No 5 Tahun 2021.

Dengan e-AVIS masyarakat mudah melakukan Ujian Teori SIM kapan saja dimana saja. Hasil Ujian Teori SIM menggunakan platform e-AVIS, langsung terkoneksi ke pusat data Korlantas POLRI sehingga masyarakat dapat melakukan pendaftaran penerbitan SIM Baru dan / Perpanjangan secara Daring.

Baca Juga:  3 Tentaranya Tewas Diterjang Drone di Yordan, AS Tuding Ulah Milisi Bekingan Iran

Platform tersebut sudah diluncurkan bersamaan dengan saat Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas TA 2023 yang digelar di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa hari lalu (14/3/23).

Rakernis yang dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersamaan dengan prosesi launching Aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) dan Electronic Audio Visual Integrated System (E-Avis). Kapolri didampingi Kakorlantas Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Mengutip laman Korlantas Polri, aplikasi Signal merupakan pelayanan terhadap sistem perpanjangan untuk STNK, sedangkan E-Avis merupakan panduan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ujian SIM A maupun SIM C dan sebagainya.

Baca Juga:  Polri Ingatkan Waspadai Judi di Dunia Maya Bermodus Game Online

“Hari ini juga dilaunching ya Signal dan pelayanan terhadap sistem perpanjangan untuk STNK, kemudian kita juga launching E-Avis terkait dengan kemampuan seseorang yang diberikan SIM,” kata Kapolri kepada wartawan, usai acara pembukaan.

Selain merilis aplikasi Signal dan E-Avis, Kapolri juga menerima Buku Panduan Latihan Ujian Teori SIM A dan C dari Kakorlantas.

“Dan hari ini kita launching panduan untuk orang yang akan ujian SIM, baik ujian SIM A dan SIM C dan yang lain kita berikan modul pelatihannya. Sehingga masyarakat kemudian mengerti bahwa kalau nanti ada pertanyaan disitu dijelaskan panduan-panduannya,” lanjut Kapolri, yang dikenal dengan gagasan Polri Presisi nya ini.

Baca Juga:  Bertemu Biden, Presiden Jokowi Ajak AS Ikut Hentikan Kekejaman di Gaza

“Bagi kita yang paling penting bagaimana kemudian masyarakat memahami terkait aturan pada saat berlalulintas. Sehingga pada saat diberikan SIM, masyarakat sudah paham bagaimana berlalu lintas yang baik sama saja menjaga keselamatan masyarakat pengguna jalan,” tambahnya.

Kapolri berharap kualitas pelayanan publik pada jajaran Korlantas akan semakin membaik seiring dengan agenda-agenda nasional yang terus dijalankan, khususnya mudik lebaran tahun ini. (KorlantasPolri/wp-ed)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *