Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
ESportsTeknologi

Laptop Gaming Bertenaga AMD Wajib Dimiliki di 2023

148
×

Laptop Gaming Bertenaga AMD Wajib Dimiliki di 2023

Sebarkan artikel ini
Ryzen 5000 Series and Radeon RX 6000 Series Image V2.jpg

Warta Press – Gaming saat ini tidak hanya sebagai bentuk hiburan yang populer, tetapi juga merupakan gaya hidup. Meningkatnya kebutuhan gaming sejak merebaknya pandemi telah merevolusi industri PC, mendorong produsen PC gaming dan silikon untuk mempercepat inovasi gaming bahkan lebih dari sebelumnya.

Untuk memenuhi kebutuhan komunitas game yang semakin berkembang dan beragam, evolusi hardware gaming tidak ada bandingannya dalam rentang waktu 2 tahun sejak wabah melanda; dengan peluncuran teknologi software dan hardware baru, para gamer kini memiliki akses ke teknologi yang merevolusi pengalaman baru dalam bermain game.

Menyadari bahwa inovasi sangat penting untuk mengikuti pertumbuhan gaming yang pesat, AMD telah berhasil mendorong batasan untuk para gamer dengan serangkaian produk Ryzen dan Radeon, teknologi canggih seperti AMD FidelityFX™ Super Resolution dan kolaborasi dengan mitra PC global untuk menghadirkan laptop gaming premium generasi berikutnya yang mengintegrasikan design framework AMD Advantage™. Laptop AMD Advantage menggabungkan performa tinggi terbaru dari CPU AMD Ryzen™ dan GPU Radeon™ dengan teknologi pintar eksklusif AMD dan karakteristik desain dari sistem canggih lainnya.
Faktor-Faktor Penting sebagai Pertimbangan

Kombinasi CPU-GPU
Pemilihan CPU dan GPU memainkan peran penting untuk pengalaman bermain game. Selain jumlah core dan clock speed, paduan CPU dan GPU di sistem dapat menghasilkan manfaat yang lebih nyata saat bermain game seperti resolusi yang lebih tinggi, frames per second, dan kualitas gambar, yang semuanya memiliki kekuatan untuk mentransformasi pengalaman bermain game.
AMD diposisikan secara terdepan sebagai penyedia produk CPU dan GPU terdepan yang memungkinkan terciptanya platform dan solusi yang berbeda untuk pertumbuhan masa depan pasar PC dan gaming. AMD telah memanfaatkannya untuk menciptakan desain framework AMD Advantage, membantu menghadirkan laptop gaming premium performa tinggi generasi berikutnya dari OEM seperti ASUS, Dell, HP, Lenovo, dan MSI. Juga relevan bagi para gamer, keahlian AMD dalam merancang CPU dan GPU terdepan juga telah memungkinkan peluncuran fitur khas seperti teknologi Smart Access Memory™ (SAM), yang memungkinkan prosesor AMD Ryzen™ memanfaatkan alokasi penuh dari memori kartu grafis Radeon, sehingga dapat meningkatkan performa gaming dengan rata-rata 15% di judul tertentu pada GPU AMD Radeon RX 6000 Series .

Tampilan Display
PC gaming mungkin memiliki spesifikasi teknis yang paling kuat, tetapi tampilan display lah yang memungkinkan gamer untuk benar-benar membenamkan diri dalam game dan merasa terhubung dengan aksi game. Selain ukuran layar, penting juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kecepatan refresh, waktu respons, dan colour gamut bersama dengan fitur-fitur seperti HDR dan FreeSync.

Namun, perlu juga disebutkan bahwa lebih besar tidak selalu lebih baik dalam hal tampilan display. Penting untuk mempertimbangkan resolusi gaming saat membandingkan spesifikasi display. Misalnya, ukuran layar yang lebih kecil paling cocok untuk game 1080p, berlawanan dengan ukuran layar yang lebih besar yang tidak akan memiliki kualitas gambar optimal pada resolusi ini.
Sistem AMD Advantage telah dirancang untuk mengaktifkan permainan dengan refresh tinggi, latensi rendah, stutter and tear-free pada tampilan yang sangat terang dan sangat responsif. Selain itu, dengan display AMD FreeSync™ Premium, gamer dapat merasakan pengalaman bermain game yang lancar dan tear-free pada performa puncak dengan setidaknya refresh rate 120hz pada resolusi FHD minimum, dukungan untuk low framerate compensation (LFC) dan latensi rendah.

Baca Juga:  Microsoft meluncurkan AI chatbot ke aplikasi Bing di iPhone dan Android

Merek Laptop Gaming Terbaik dan Teratas Bertenaga AMD
Bagian sebelumnya membahas faktor pertimbangan utama yang harus diperhatikan konsumen saat membeli laptop gaming. Di bawah ini adalah daftar berbagai platform gaming terkemuka yang menawarkan laptop dengan harga, kebutuhan, dan preferensi masing-masing konsumen.

ASUS
Republic of Gamers (ROG) ASUS hadir dengan tujuan untuk menciptakan laptop gaming paling bertenaga di dunia dengan fitur serba lengkap di industri. Perangkat premium ASUS meningkatkan pengalaman bermain game dengan tampilan terbaik di kelasnya, grafis kelas atas, dan solusi pendinginan inovatif yang dapat meningkatkan performa.

ROG Zephyrus G14 (2022) – AMD Advantage
Menggandakan kemampuan AMD dengan CPU AMD Ryzen™ 9 6900HS yang bertenaga dan grafis mobile AMD Radeon™ RX 6700S, kesemua fitur AMD ini siap untuk pengalaman bermain game atau multitasking apa pun bagi penggunanya. G14 juga memanfaatkan teknologi AMD seperti AMD SmartShift dan SAM untuk keunggulan ekstra. AMD SmartShift memungkinkan CPU dan GPU untuk secara dinamis mengalokasikan daya kapan dan di mana pun paling dibutuhkan, dan teknologi AMD Smart Access Memory memberikan CPU akses penuh ke VRAM penuh GPU, membantu meningkatkan performa gaming.
Harga: Mulai dari IDR 28,999,000

ROG Strix G15
Bertenaga CPU AMD Ryzen™ 9 6900HX, edisi seri ini menggunakan teknologi dan fitur canggih untuk memberi para gamer kekuatan berkelanjutan yang dibutuhkan untuk bermain lebih lama dan multitasking lebih banyak. Selain itu, penggemar esports dapat menikmati gaming dengan refresh tinggi berkat tampilan hingga 300Hz dengan waktu respons 3 ms, atau membenamkan diri dalam panel WQHD 165Hz dengan waktu respons 3 ms, dengan FreeSync Premium memungkinkan gameplay menjadi ultrasmooth pada keduanya.
Harga: IDR 29,999,000

ROG Flow X13 (2022)
Bermain game tidak pernah sefleksibel atau seportabel ROG Flow X13 2-in-1 yang dirilis di tahun 2022. Jalankan game dan lebih kencang dengan CPU Ryzen™ 7 6800HS terbaru. Opsi eGPU XG Mobile meningkatkan grafis sesuai permintaan hingga AMD Radeon™ RX 6850M XT. Sempurnakan game dengan pilihan tampilan display 4K UHD atau 120Hz FHD.
Harga: Mulai dari IDR 20,399,000

Baca Juga:  Rencana Rilis PlayStation 6 Berpotensi Terungkap, Berkat Microsoft

ACER
Jajaran laptop persembahan ACER semakin powerful dengan peningkatan performa hingga 20% melalui teknologi prosesor terbaru dari AMD. Lini laptop Acer yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 6000 Series Processors memiliki keunggulan dari sisi peningkatan performa arsitektur, jumlah core, dan fabrikasi, sehingga mampu memberikan performa lebih dengan daya yang hemat. Menjadikannya cocok digunakan untuk gaming, multitasking berbagai aplikasi dan meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Nitro 5
Pada bulan Januari 2022 lalu, Acer mengumumkan penyegaran di berbagai jajaran game, termasuk laptop gaming Nitro, yang bertenaga AMD Ryzen™ 7 6800H. Acer Nitro 5 generasi ini hadir dengan Panel QHD 165 Hz, sebagai yang pertama memanfaatkan teknologi AMD FreeSync™ untuk menawarkan gameplay yang mulus.
Harga: Mulai dari IDR 18,999,000

LENOVO
Didesain untuk para gamer modern, laptop gaming Lenovo Legion menawarkan pengalaman gaming yang disesuaikan dengan baik untuk game-game terbaru. Apakah Anda seorang pemain esports profesional, atau gamer kasual, Lenovo Legion memberikannya.
Bagi mereka yang mungkin menginginkan laptop gaming dengan desain yang lebih simpel, seri Lenovo Legion adalah pilihan yang tepat. Seri laptop gaming Lenovo Legion 5 dan Legion 5 Pro yang minimalis, ramping, dan desain ultra slim dapat disesuaikan dengan estetika Anda sehari-hari.

Legion 5 15” Gen 7
Didesain khusus untuk para gamer, raih performa andalan yang Anda butuhkan untuk menang tanpa mengorbankan daya tahan baterai, dengan kecepatan memenuhi daya baterai saat Anda bermain dengan laptop gaming yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series.
Saksikan kemenangan dengan layar 15,6″ yang memiliki resolusi hingga WQHD dimana memungkinkan Anda menggunakan refleks manusia super dari kecepatan refresh 165Hz dengan hanya waktu respons 3ms. Dorong apa yang mungkin dilakukan untuk bermain game di layar yang luar biasa ini dengan AMD FreeSync™.
Harga: IDR 19,999,000

Legion 5 Pro Gen 7 16″” AMD Premium
Bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 7 6800H, laptop Lenovo Legion 5 Pro Gen 7 memungkinkan para gamer untuk menikmati performa gaming kompetitif yang luar biasa pada notebook tipis dan ringan dengan daya tahan baterai yang luar biasa. Desain yang ramping dan menyenangkan di antara performa gaming dengan tetap memenuhi kebutuhan multitasking, produktivitas, dan hiburan dengan indah, Legion 5 juga portabel dan dirancang hingga 15 persen lebih tipis dari sebelumnya untuk mobilitas yang lebih tinggi.
Selain itu, terinspirasi oleh penelitian bagi para gamer, perangkat baru ini memiliki desain ‘minimalis magis’ dan menunjukkan lompatan menuju estetika kontemporer dengan detail yang disengaja seperti tanda kata yang rapi, ventilasi ekspresif, dan pencahayaan imersif.
Harga: Mulai dari IDR 19,999,000

DELL
Dengan desain ikonik, gaming performa tinggi, dan fitur premium, Alienware menghadirkan pengalaman yang imersif. Laptop Dell Alienware didesain dengan cermat untuk menghadirkan kinerja gaming yang mengesankan dan mulus serta fitur multitasking yang andal untuk para gamer.
Alienware M15
Dengan prosesor AMD Ryzen™ 7 5800H, Dell Alienware m15 menampilkan 8-core, 16-threads, dan cache hingga 20MB, dirancang dengan tujuan untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang mengesankan dengan menggabungkan performa dengan ketahanan baterai yang luar biasa.
Untuk tampilan, laptop Gaming Dell Alienware m15 Ryzen Edition menghadirkan gameplay yang sangat halus. Desain Dell, m15 terbaru sangat cepat 240Hz sebagai fitur standar. Selain itu, resolusi QHD membantu mengurangi emisi cahaya biru agar gamer tetap asyik bermain tanpa mengurangi kualitas gambar.
Harga: IDR 24,999,000

Baca Juga:  Para Bos Perusahaan Teknologi Bertemu, Sepakati Cegah Penyalahgunaan AI di Konten Politik

HP
Ekosistem gaming yang kuat dari HP seperti hardware, periferal, display, software, dan layanan dikembangkan untuk meningkatkan kegunaan perangkat bagi setiap jenis gamer sehingga mereka terhibur dan puas. OMEN dirancang untuk memberikan pengalaman terobosan kepada para gamer dengan inovasi dalam hardware, sementara Victus dikembangkan untuk peluncuran pertama ke dalam game PC, menawarkan pengalaman gaming yang dapat diakses namun lebih baik berkat OMEN DNA.
HP Omen 16
Bertenaga CPU AMD Ryzen™ 9 6900HX, HP OMEN 16 memiliki clock boost maksimum hingga 4,9 GHz, cache L3 16 MB, 8 core, 16 thread.
Bukan hanya itu, terobosan OMEN Tempest Cooling Technology sangat efektif dalam mengelola suhu sistem dengan ventilasi tiga sisi dan aliran udara lima arah. Selain itu, dengan layar diagonal QHD 16,1 inci yang memiliki kecepatan refresh hingga 165 hz, HP OMEN 16 dirancang untuk memaksimalkan performa, memungkinkan gamer bermain lebih lama, lebih cepat, lebih menarik, dalam form factor perangkat yang sangat ramping.
Harga: IDR 36,299,000

HP Victus Gaming 15
Juga sistem AMD Advantage, HP Victus 15 bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5 5600H dan grafis AMD Radeon™ RX 6500M. Dengan SAM dan AMD SmartShift, yang secara dinamis mengalihkan daya di laptop untuk membantu meningkatkan kinerja untuk bermain game, mengedit video, rendering 3D, kreasi konten, dan produktivitas, HP Victus 15 dirancang untuk “gamer veteran dan para antusias agar terhibur, terhubung , dan diberdayakan untuk maju dalam game favorit mereka”.
Harga: IDR 12,999,000

Kesimpulan
Masa depan komputasi adalah tentang menghadirkan teknologi komputasi dan grafis performa tinggi untuk menjawab aplikasi teknologi canggih oleh para pelajar, profesional, kreator, dan gamer. Namun, dari perspektif gaming, hal ini membutuhkan komputasi dan kemampuan visual yang lebih baik, dan tidak ada orang yang memiliki posisi lebih baik untuk memimpin perkembangan ini selain AMD. AMD mengadopsi pendekatan holistik dalam memajukan pengalaman komputasi, dengan serangkaian pilihan produk Ryzen dan Radeon yang dipadukan dengan teknologi canggih dan kolaborasi berkelanjutan dengan produsen PC global. **

Example 120x600