Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
UtamaWarta Muda

Anak Petani Menyandang Gelar Doktor Dengan Predikat Terbaik

289
×

Anak Petani Menyandang Gelar Doktor Dengan Predikat Terbaik

Sebarkan artikel ini

WartaPress, Papua Selatan – Salah satu putra terbaik Papua Selatan menyandang gelar doktor di Universitas Negeri Malang. Dr. Tobias Nggaruaka, S.Pd., M.Pd. Pria kelahiran Kampung Uwuta/Iromoro Distrik Tabonji 1988 silam anak dari pasangan Bapak Lambertus W. dan Ibu Adela Awi.

Dr. Tobias berasal dari latar belakang keluarga petani. Dr. Tobias mengenyam pendidikan dasar di SD YPPK St. Ambrosius Kibuka Uwuta (2002), selanjutnya menempuh sekolah menengah pertama di SMP YPPK St. Kizito Kimam(2006), selanjutnya bersekolah di SMA Persiapan Kimam/SMAN 1(2009).

Melanjutkan jenjang sarjana Strata 1 (S1) pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Musamus Merauke 2013. Program S-2 di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Malang 2017. Dan selanjutnya melanjutkan S-3 pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Malang 2019-2022.

Baca Juga:  Edukasi Generasi Muda Asmat, Nelson Butiop Kembangkan Inovasi Tepat Guna Bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Pria kelahiran kampung Uwuta tersebut dalam keterangannya ke media ini (22/7/2023) menyampaikan bahwa, proses studi doktoral yang ditempuh ini memang sangat membutuhkan kesabaran dan ketekunan. ” Dalam proses perjalanan studi doktoral ini, mulai dari tahun masuk kuliah saya dengan program doktoral beasiswa BPPDN-Afirmasi, saya sempat mengalami kendala pembiayaan pada tahap penelitian disertasi saya, namun puji Tuhan semua itu dapat terselesaikan dan saya bisa sampai di tahap ini yakni tahap wisuda” ungkap nya.

Baca Juga:  Pemuda Muslimin Indonesia adakan Kongres Nasional Majelis Syuro XVII di Surabaya

Proses yang tidak mudah bagi seseorang dengan latar belakang keluarga yang pas-pasan/ekonomi terbatas. Diperlukan pengorbanan yang luar biasa entah itu dari materi maupun energi dalam mewujudkan jenjang-jenjang akademik tertinggi seperti halnya tahapan doktoral tersebut.

Dr. Tobias Nggaruaka, wisudawan terbaik Fakultas Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang ini juga menjelaskan bahwa “Perlu adanya konsentrasi khusus pemerintah daerah dalam melakukan peningkatan pendidikan tahap lanjut seperti jenjang Magister maupun jenjang Doktor”. Ujar pria kelahiran kampung Uwuta tersebut.

Harapannya, peningkatan pelayanan pendidikan bagi anak asli Papua dalam mendapatkan kesempatan studi lanjut dapat benar-benar diperhatikan dan diberikan kesempatan tersebut.

Baca Juga:  Kunker DPRD Kabupaten Boven Digoel, Menanggapi Langsung Aspirasi Masyarakat

Dalam kesempatan ini juga, Dr. Tobias Nggaruaka, S.Pd., M.Pd. mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah mendorong hingga tahapan wisuda doktoral. “Kepada orang tua beserta keluarga besar kampung Iromoro, Pimpinan beserta Civitas akademika Universitas Musamus Merauke dan terlebih khusus kepada Alm. Prof. DR. Philipus Betaubun yang sudah mendukung saya mulai dari program Magister (S2) dan Program Doktoral (S3). Kiranya dukungan dari semua pihak ini dapat dibalas oleh Tuhan Yang Mahakuasa” tutup Dr. Tobias Nggaruaka, S.Pd., M.Pd. (Smn/wp). **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *