Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
NarasiTokoh

Konflik Gaza Bukan Perang Agama, Sam Heri Cahyono Ajak Berempati pada Palestina

255
×

Konflik Gaza Bukan Perang Agama, Sam Heri Cahyono Ajak Berempati pada Palestina

Sebarkan artikel ini

Juga ingatkan jangan lupa bantu negara kita sendiri, dari lingkungan sekitar hingga memajukan daerah

WartaPress – Konfrontasi antara pejuang Hamas melawan Israel masih terus berlangsung di Gaza selatan. Sementara di zona utara pasukan Hisbullah mulai masuk arena perang. Ribuan korban, dari anak-anak dan warga sipil terus berjatuhan akibat serbuan militer Israel yang membabibuta.

Berbagai tanggapan datang dari berbagai penjuru tanah air, dan mayoritas menyatakan empatinya pada rakyat Palestina yang hingga kini masih berada dalam kepungan serangan maut Israel.

Heri Cahyono, kadang akrab disapa Sam HC, pengusaha muda asal Malang Jawa Timur, juga menyatakan keprihatinannya, dan mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Baca Juga:  Pemilu Jelang Masa Tenang, Kolaborasi GenZ Indonesia: Bersama Menjaga Martabat Demokrasi

Menurut Heri, sebagaimana dalam tayangan reels di akun Instagram (IG) @hericahyono.official pada Minggu (5/11/2023), kita berada di posisi Palestina merupakan sikap yang sejalan dengan kebijakan luar negeri negara kita.

“Sekali lagi bukan perang agama,” ujar Heri Cahyono, terkait konflik Gaza. Melainkan konflik yang dimulai oleh tindakan Zionis yang mendirikan negara Israel secara sepihak di wilayah teritorial negara Palestina. Di konteks ini kita bukan anti Yahudi atau anti Semit. Tapi anti pada sikap dan tindakan yang melawan nilai kemanusiaan.

Baca Juga:  Ramadhan 1445 H, YLPAN Griya Baca Bukber di Sarinah Malang

Maka Heri Cahyono pun menjelaskan bahwa Proklamator yang juga Presiden pertama RI, Bung Karno pun berada di pihak Palestina. Demikian juga pemimpin besar dunia yang latar belakang agamanya berbeda, seperti Nelson Mandela (Afrika Selatan) dan Mahatma Gandhi (India). Mereka mendukung eksistensi Palestina sebagai sebuah negara.

Sebagai wujud kepedulian kita warga negara Indonesia, pesan tokoh asli Malang ini, kita dapat mendukung dalam berbagai bentuk seperti mendukung dengan doa, melalui media siber, dukungan materi melalui badan-badan amal dan lainnya yang sesuai aturan yang ada.

Baca Juga:  Potensial Jadi Calon Wali Kota Malang, Dr. Nurcholis Tak Ambisi Jabatan

Saat kita sudah berempati pada Palestina, Heri Cahyono mengingatkan agar juga peduli pada bangsa dan negara kita sendiri, “Ojok lali bantu negorone dewe,” (jangan lupa bantu negaranya (kita) sendiri, red). Kata tokoh yang digadang-gadang maju dalam pilkada Kota Malang tahun 2024. Kepedulian pada bangsa dan negara kita, lanjutnya, dapat diwujudkan dengan peduli pada lingkungan sekitar, kepada tetangga, memajukan daerah, membela negara, dan lainnya.

“From the River to the Sea, Palestine will be free,” pungkasnya, sebagaimana dalam reels instagram Heri Cahyono. (ig/la/wp). **

Example 120x600