Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
Berita

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023 Hari Sabtu

207
×

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023 Hari Sabtu

Sebarkan artikel ini

Muhammadyah Laksanakan Shalat Ied Hari Jumat

WartaPressCom, Nasional – Kementerian Agama RI telah selesai menggelar sidang isbat (penetapan) hari raya idul fitri 1444 H. Hasilnya, menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Dengan demikian, waktu Lebaran menurut pemerintah telah diputuskan, dan berbeda dengan keputusan Muhammadiyah. Muhammadiyah telah memutuskan Lebaran besok, Jumat 21 April.

“Kami menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh hari Sabtu, 22 April 2023,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut dalam konferensi pers usai sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Baca Juga:  Dinilai Banyak Langgar Aturan, DPP KNPI Soroti Perusahaan Sawit Raksasa BAG Milik Winarno Tjajadi di KALTENG

Keputusan akhir ini ditetapkan usai peserta sidang telah mendengarkan kesaksian yang telah menyaksikan adanya hilal. Pemantauan hilal di lakukan di 124 titik di seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah semua sepakat, tidak ada dissenting opinion,” tambah Gus Yaqut.

Sidang yang dimulai pukul 17.00 WIB, petugas KemenagRI di berbagai wilayah melaporkan tidak melihat hilal. Untuk menentukan 1 Syawal, ketinggian hilal minimal 3°, dengan umur hilal minimal 8 jam.

Baca Juga:  DPP KNPI Apresiasi Polri Tangkap Bos ATG Wahyu Kenzo

Di 124 titik, hilal tidak terlihat memenuhi ketentuan. Sidang Isbat dihadiri pula oleh perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Komisi VIII DPR, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. (Spr/aak/wp). **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *