Scroll untuk baca post-konten
Example floating
Example floating
BeritaInternasional

Pemimpin NATO: (Pernyataan) Trump Berbahaya

36
×

Pemimpin NATO: (Pernyataan) Trump Berbahaya

Sebarkan artikel ini

WP, (APNews) – Komandan aliansi militer NATO pada Minggu memperingatkan bahwa Donald Trump membahayakan keselamatan pasukan AS dan sekutunya setelah calon presiden dari Partai Republik mengatakan Rusia harus dapat melakukan “apa pun yang mereka lakukan.” inginkan” kepada anggota NATO yang tidak memenuhi target belanja pertahanan mereka.

“Setiap saran bahwa sekutu tidak akan saling membela akan melemahkan seluruh keamanan kami, termasuk AS, dan menempatkan tentara Amerika dan Eropa pada risiko yang lebih besar,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Associated Press, pada Senin.

Diketahui sebelumnya, berbicara pada hari Sabtu di sebuah rapat umum di Conway, Carolina Selatan, Trump mengingat kembali bagaimana sebagai presiden ia mengatakan kepada seorang anggota NATO yang tidak disebutkan namanya bahwa ia akan “mendorong” Rusia untuk melakukan apa pun yang diinginkannya dalam kasus sekutu NATO yang “nakal.”

Baca Juga:  Masih ada Dualisme, Munas IKA UB 2023 Disarankan Ditunda Tahun Depan

Pernyataan Trump menimbulkan kekhawatiran mendalam di Polandia, yang berada di bawah kendali Rusia selama beberapa abad terakhir, dan di mana terdapat kekhawatiran yang tinggi atas perang yang dilancarkan Rusia di seberang perbatasan Polandia di Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan, penasihat senior Trump Jason Miller mengatakan bahwa Trump akan mampu memaksa sekutunya untuk meningkatkan belanja NATO mereka secara lebih efektif dibandingkan dengan Presiden Joe Biden, dan bahwa “ketika Anda tidak membayar belanja pertahanan Anda, Anda tidak akan terkejut bahwa kamu mendapat lebih banyak perang.”

Baca Juga:  Cegah Stunting, Novita Hardini, Dukung Generasi Trenggalek yang Sehat dan Sukses

Masih dilaporkan AP, komentar Trump menjadi perhatian khusus bagi negara-negara garis depan NATO, seperti Polandia dan negara-negara Baltik seperti Lituania, Latvia, dan Estonia, yang berada di bawah kendali Moskow atau sepenuhnya dimasukkan ke dalam Uni Soviet selama Perang Dingin. Kekhawatiran di sana sangat tinggi mengingat invasi Rusia ke Ukraina.

Presiden Polandia Andrzej Duda, yang bersekutu dengan oposisi sayap kanan, dan dianggap bersahabat dengan Trump selama masa kepresidenannya, men-tweet bahwa aliansi Polandia-AS harus kuat “terlepas dari siapa yang saat ini berkuasa di Polandia dan AS.”

Ia memperingatkan: “Menyinggung separuh dunia politik Amerika tidak akan bermanfaat bagi kepentingan ekonomi maupun keamanan Polandia.” Dalam editorialnya pada hari Minggu, harian Jerman Frankfurter Allgemeine Zeitung juga menyerukan negara-negara Eropa untuk mengeluarkan lebih banyak dana untuk pertahanan.

Baca Juga:  Viral Jalan di Lampung Rusak Parah, Dikunjungi Presiden, Lalu Digelontor Rp 800 M

Dikatakan bahwa jika Trump memenangkan kursi kepresidenan lagi, pernyataan seperti yang dia buat pada Sabtu malam “akan meningkatkan risiko Putin memperluas perangnya. Negara-negara Eropa hanya dapat melakukan satu hal untuk mengatasi hal ini: pada akhirnya berinvestasi pada keamanan militer mereka sejalan dengan seriusnya situasi yang ada.”

Masa jabatan Trump, yang ditandai dengan kekagumannya terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin, menjadi tantangan yang hampir nyata bagi NATO, sebuah organisasi yang sebagian besar dikendalikan oleh Amerika Serikat. Prospek bahwa Trump akan kembali berkuasa masih menjadi kekhawatiran mendalam di antara sekutu-sekutunya. (Ap/ed-wp). **

Example 120x600