Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
Bakti SosialLingkungan

PT. HM Sampoerna, Tbk Plant Malang, Gandeng Masyarakat Blimbing Laksanakan Bersih Sedimen Drainase dan Sosialisasi PHBS

43
×

PT. HM Sampoerna, Tbk Plant Malang, Gandeng Masyarakat Blimbing Laksanakan Bersih Sedimen Drainase dan Sosialisasi PHBS

Sebarkan artikel ini

WP, Kota Malang – PT. HM Sampoerna Tbk berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia; Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen, serta Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, (24/06/2024), di Kelurahan Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Stakeholder Forum dan Sharing Session yang telah dilaksanakan pada Mei lalu dan salah satu rangkaian Program AWS (Alliance for Water Stewardship). Program AWS adalah standar global untuk memastikan lembaga atau perusahaan menunjukkan komitmennya dalam upaya konservasi sumber daya air baik di dalam lokasi kerja maupun di daerah tangkapan air.

Baca Juga:  ILO Peringatkan Bahaya Radiasi Ultraviolet Akibat Perubahan Iklim

Imron Hamzah, Head of Sustainability PT. HM Sampoerna, Tbk di sela-sela kegiatan mengatakan inisiatif yang dilakukan oleh internal pabrik yakni memastikan air yang disuplai ke wilayah pabrik dalam kondisi aman dan baik, begitu juga dengan pengeluaran dari pabrik.
“Inisiatif yang dilakukan oleh internal pabrik yaitu memastikan, dalam penggunaannya menerapkan prinsip sustainable, water efficiency nya harus dijaga. Jadi secara garis besar AWS itu pemastian kondisi air yang baik dan terjaga dari hulu sampai ke hilir,” papar Imron.

Menurut Imron tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanggulangi permasalahan banjir dan menciptakan sanitasi yg baik. Hal tersebut tentunya dapat berjalan bilamana ada sinergi dan kolaborasi yang baik dari semua pihak terkait.

Baca Juga:  ABC Lanjutkan Penanaman 1.000 Pohon dan Konservasi Hutan, Dukung Daerah Tangkapan Air di Jawa Timur

Lebih lanjut, Imron berharap agar program serupa dapat dilakukan dan melibatkan banyak perusahaan. “Kami berharap program yang berkaitan dengan lingkungan, tata kelola air tidak hanya menjadi perhatian dari Sampoerna, tapi menjadi perhatian bagi perusahaan lain. tentunya dengan berkolaborasi dan kerjasama,” tandasnya.

Di pihak lain, Lurah Blimbing, Yohanes Johan Widyatmoko, menyampaikan apresiasi kepada PT HM Sampoerna Plant Malang. “Kami mewakili masyarakat Kelurahan Blimbing tentu berterima kasih kepada PT HM Sampoerna atas kegiatan yang dilaksanakan. Problematika sampah dan air memang selama ini terus menjadi salah satu fokus yang coba diselesaikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia; Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen, serta Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terdiri atas dua kegiatan utama, pertama; bersih sedimen drainase, dan kedua; sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Lokasi bersih drainase adalah di sekitar Kantor Kelurahan Blimbing dan sekitar wilayah Pabrik HM Sampoerna Blimbing, Malang. Sedangkan, Sosialisasi PHBS dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kelurahan Blimbing.

Baca Juga:  Edukasi Anak, Griya Baca Adakan Acara Store Tour Membuat Ice Cream Bersama McD

Antusias tinggi ditunjukkan oleh masyarakat dengan kehadiran kurang lebih 120 peserta, yang terdiri dari warga di sekitar Kelurahan Blimbing, Pengurus RW, Pengurus RT, kader lingkungan, kader kesehatan, pengelola pasar, karang taruna, PT HM Sampoerna Tbk dan masyarakat umum. (Tf/la/wp). **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *