Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
PendidikanWarta Kampus

UB Paling Diminati, Terima 5.380 Mahasiswa Jalur SNBP 2023

288
×

UB Paling Diminati, Terima 5.380 Mahasiswa Jalur SNBP 2023

Sebarkan artikel ini

Warta Press, Info Pendidikan – Universitas Brawijaya (UB) menerima 5.380 mahasiswa dari total 26.487 pendaftar pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Jumlah ini menjadikan UB berada pada peringkat pertama PTN dengan pendaftar terbanyak dan penerima peserta terbanyak.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P mengatakan, sebagai salah satu kampus besar dengan jumlah program studi yang banyak, yakni 83 program studi untuk jenjang S1 dan Diploma, UB cukup memberikan kesempatan yang lebih besar bagi calon mahasiswa.

“Tentunya dengan kualifikasi, akreditasi, dan jaminan mutu yang baik. Selain itu kondisi Kota Malang yang nyaman sebagai kota pelajar dengan berbagai fasilitas dan kemudahan akses, juga menjadi daya tarik tersendiri,” ungkapnya.

Baca Juga:  28 Prodi UB Raih Akreditasi Internasional AQAS

Penilaian SNBP (dahulu bernama Seleksi Nasional Masuk PTN/SNMPTN) dilakukan melalui pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran, dan maksimal 50 persen diambil dari nilai rapor dua mata pelajaran pendukung, serta prestasi akademik dan non akademik.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P / dok. PrasetyaUB

Program Studi dengan peminat terbanyak untuk Saintek yaitu Kedokteran (1.917 peminat), diikuti Teknik Informatika (1.281 peminat), Ilmu Keperawatan (1.201 peminat), Farmasi (1.188 peminat), dan Ilmu Gizi (966 peminat). Sedangkan untuk Soshum yakni Psikologi (1.592 peminat), Akuntansi (1.547 peminat), Manajemen (1.537 peminat), Ilmu Hukum (1.513 peminat), dan Ilmu Komunikasi (1.328 peminat).

Baca Juga:  Desakan Audit Forensik Dana Alumni UB Dinilai Relevan, Demi Transparansi

Sementara itu program studi yang paling ketat untuk kelompok Saintek yakni Farmasi dengan keketatan 4%, diikuti Kedokteran (4%), Ilmu Keperawatan (5%), Ilmu Gizi (6%), dan Pendidikan Dokter Gigi (6%). Kekettan pada kelompok Soshum yakni Psikologi (6%), Ilmu Komunikasi (7%), Manajemen (7%), Hubungan Internasional (7%), dan Akuntansi (8%).

Sebagaimana dipublikasikan dalam situs prasetya.ub.ac.id, (28/3/2023), pada jalur seleksi ini, UB menerima 750 peserta KIP Kuliah dari 6.798 pendaftar.

Baca Juga:  Mahasiswa FISIP Wakili UB dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2023

“Kami menyampaikan ucapan selamat kepada calon mahasiswa baru UB yang diterima melalui jalur SNBP.  Dan bagi para calon mahasiswa yang belum diterima jangan patah hati, masih ada beberapa jalur, baik jalur SNBT melalui tes UTBK maupun jalur Mandiri. Masih ada banyak kesempatan. Tetap semangat!” pungkas Imam Santoso.

Untuk persiapan UTBK sendiri, sebagai salah satu penyelenggara, UB telah melakukan pemetaan kelas, infrastruktur, komputer, dan jaringan, serta memastikan fasilitas dan sarana pendukung layak digunakan. (Irene/prasetyaUB/ed-wp). **

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *