Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
UtamaWarta Inspiratif

Mahasiswa Asal Washington DC Blusukan ke Kampung Inspiratif di Kota Malang

135
×

Mahasiswa Asal Washington DC Blusukan ke Kampung Inspiratif di Kota Malang

Sebarkan artikel ini

Rumah Prestasi Glintung Go Green Dikunjungi Mahasiswa dari USA, Wonosari Go Green kampung inspiratif di era 4.0.

WartaPress, Kota Malang – Gerakan pemberdayaan lingkungan berbasis gotong royong warga kampung yang digalang Rumah Prestasi Glintung Go Green (3G) sudah lama menarik perhatian insan akademis dalam dan luar negeri. Mereka berbondong-bondong datang untuk belajar, kajian, dan sharing langsung dengan inisiator Rumah Prestasi 3G, Ir. Bambang Irianto.

“Kunjungan yang ke 3x dari SIT (School for International Training) Study Aboard yang bermarkas di Vermont, Washington DC, USA mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di Glintung Go Green,” terang Bambang Ir, sapaan akrab tokoh Kampung Tematik Indonesia yang pernah meraih prestasi nasional Kalpataru kategori Pembina Lingkungan ini, melalui kanal Facebooknya, pada Selasa (27/2/2024).

Baca Juga:  Presiden Ungkap Kunci Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Pengunjung mahasiswa asal USA antusias mendengarkan presentasi dari Ir. Bambang Ir tentang kiprah kampung 3G dan strategi pemberdayaan kampung berbasis gotong royong warga / 3G

Dijelaskan, Perguruan tinggi tersebut mengkhususkan untuk mempelajari seni, budaya dan perubahan sosial. Apa yang dilakukan Rumah Prestasi 3G, sejalan dengan konsentrasi program kampus tersebut.

“Best practice Glintung Go Green adalah sebuah proses perubahan sosial yang inspiring, imagine dan edukatif. Maka tidak salah mereka memilih sebagai destinasi edukasi,” lanjut Bambang Irianto. Terutama, lanjutnya, jika dikolaborasikan dengan Kampung Wonosari Go Green yang mempunyai ikon group musik Dewi Godhong 19.

Baca Juga:  Kantor KPU Yahukimo Diduga Dibakar, Pengamat Minta Penyelenggara Pemilu Evaluasi Strategi Mitigasi
Salah satu mahasiswi US berpose di salah satu lorong kampung / 3G

Sebagaimana diketahui, Rumah Prestasi Glintung go Green dan Kampung Wonosari Go Green (Kota Malang), telah menginspirasi ratusan kampung di berbagai pelosok nusantara, menjadi kampung tematik ramah lingkungan yang dibangun berdasarkan kolaborasi warga kampung.

Dari sinilah berkembang konsep kampung agro inovasi, kampung hidroponik, kampung proklim, urban farming hingga kampung konservasi air yang pernah menyabet prestasi hingga di negeri Tiongkok. Inilah contoh inovasi pemberdayaan kampung yang berhasil di era 4.0 ini. (Red2/la/wp). **

Baca Juga:  Indonesia akan Angkat Masalah Perdagangan Manusia di KTT ASEAN Labuan Bajo
Example 120x600