Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
Internasional

AS Tuding Iran Bantu Rusia Bangun Pabrik Drone di Timur Moskow

235
×

AS Tuding Iran Bantu Rusia Bangun Pabrik Drone di Timur Moskow

Sebarkan artikel ini

WartaPress, Internasional (AP/Foto: apnews) – Amerika Serikat mengklaim negara Iran telah bekerjasama dengan Rusia dalam bentuk dukungan membangun pabrik senjata drone di Moskow.

Dilansir The Associated Press pada Jumat, Iran memberi Rusia bahan-bahan untuk membangun pabrik pembuatan pesawat tak berawak di timur Moskow saat Kremlin berupaya mengunci pasokan persenjataan untuk invasi berkelanjutannya ke Ukraina , menurut temuan intelijen AS yang dirilis oleh Gedung Putih. pada hari Jumat.

Baca Juga:  Komando AL Iran Tahan Kapal Tanker Tujuan Amerika Serikat

Masih menurut portal berita internasional AP, juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan bahwa pejabat intelijen AS yakin pabrik di zona ekonomi khusus Alabuga Rusia dapat beroperasi awal tahun depan. Gedung Putih juga merilis citra satelit yang diambil pada bulan April dari lokasi industri, beberapa ratus mil di timur Moskow, di mana diyakini pabrik itu “mungkin akan dibangun.”

Pemerintahan Presiden Joe Biden secara terbuka menyatakan pada bulan Desember bahwa pihaknya yakin Teheran dan Moskow sedang mempertimbangkan untuk membangun jalur perakitan drone di Rusia untuk perang Ukraina. Kecerdasan baru menunjukkan bahwa proyek tersebut, di wilayah Yelabuga di Tatarstan, telah melampaui konsepsi.

Baca Juga:  CEO Silicon Valley Bridge Bank Meminta Pelanggan untuk menyetor ulang dana Mereka

Kirby mengatakan bahwa para pejabat AS juga telah menetapkan bahwa Iran terus memasok militer Rusia dengan drone serang satu arah buatan Iran: Drone dikirim melalui Laut Kaspia, dari Amirabad di Iran ke Makhachkala, Rusia, dan kemudian digunakan oleh Rusia. pasukan melawan Ukraina.

“Ini adalah kemitraan pertahanan skala penuh yang berbahaya bagi Ukraina, tetangga Iran, dan masyarakat internasional,” kata Kirby. “Kami terus menggunakan semua alat yang kami miliki untuk mengungkap dan mengganggu kegiatan ini termasuk dengan membagikannya kepada publik — dan kami siap untuk berbuat lebih banyak.” (ap/ed-wp). **

Baca Juga:  AS Kembalikan Barang Antik Peru, Pataka Majapahit Kapan?
Example 120x600