Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
BeritaInternasional

Jokowi Bertemu Xi Jinping di Chengdu, Sepakati “Two Countries, Twin Parks”

89
×

Jokowi Bertemu Xi Jinping di Chengdu, Sepakati “Two Countries, Twin Parks”

Sebarkan artikel ini

WartaPress, GlobalNews – Presiden Joko Widodo dan Ibunegara tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke negara tirai bambu. Lawatan ini juga diungkapkan melalui akun resmi Presiden Joko Widodo (27/4/2023).

“Dari Bandara Internasional Tianfu, saya dan Ibu Negara menuju Hotel Jinniu di Kota Chengdu dan tiba pukul 16.20 waktu setempat. Setiba di Hotel Jinniu, Presiden Xi Jinping dan Madam Peng telah datang dan menyambut kami. Terima kasih, Yang Mulia,” ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Lalin Mudik Lebaran Mulai Padat, Pemudik Jangan Istirahat di Bahu Jalan

Di hotel itu pula, Presiden Xi Jinping menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden RI. Dalam pertemuan tersebut, pemimpin kedua negara membahas sejumlah kerja sama antara kedua negara yang meliputi antara lain penguatan perdagangan, investasi, kerja sama kesehatan, kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara, hingga kerja sama riset serta teknologi.

“Saya dan Presiden Xi Jinping juga membahas beberapa isu kawasan meliputi kerja sama ASEAN-RRT hingga dukungan RRT terhadap sentralitas ASEAN untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera,” lanjut Jokowi.

Baca Juga:  Bidik MIT dan Cambridge University, Tiga Santri Thursina IIBS Lolos Seleksi Beasiswa Indonesia Maju

Seusai pertemuan, kedua pemimpin tersebut menyaksikan penandatanganan sejumlah dokumen kerja sama yang disepakati oleh kedua negara.

Dokumen kerja sama tersebut berupa Protokol tentang Persyaratan Pemeriksaan dan karantina untuk Ekspor Serbuk Konjac dari Indonesia ke Tiongkok, Protokol tentang Persyaratan Phytosanitary untuk Ekspor Tabasheer dari Indonesia ke Tiongkok, Rencana Aksi Kerja Sama Bidang Kesehatan, Nota Kesepahaman tentang Pusat Penelitian dan Pengembangan Bersama, Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Perencanaan Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman terkait Pemindahan Ibu Kota Baru Indonesia, dan Nota Kesepahaman tentang Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Tiongkok “Two Countries, Twin Parks”. (Red2/ed/wp). **

Baca Juga:  Pengurus DPC Partai Demokrat Kota Pasuruan Ajukan Perlindungan Hukum
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *