Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
Warta Muda

KNPI Pusat Meriahkan HUT 168 PI di Tanah Papua

336
×

KNPI Pusat Meriahkan HUT 168 PI di Tanah Papua

Sebarkan artikel ini

Diundang Pemprov Papua Barat, Juga Ikuti Pawai Religi dan Budaya Lintas Elemen di Manokwari

Warta Press, Manokwari, Papua Barat – Dalam rangka mendukung pluralitas bangsa, sekaligus menghadiri undangan Pemerintah Provinsi Papua Barat, Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menghadiri peringatan HUT ke 168 Pekabaran Injil di Tanah Papua, yang diadakan di Manokwari pada Minggu (5/2/2023).

Sehari sebelumnya, DPP KNPI juga memeriahkan Pawai Budaya Religi menyambut HUT 168 PI, KNPI berbaur bersama ribuan masyarakat dari berbagai latar belakang suku, agama dan organisasi. Semua bersama-sama memeriahkan acara dengan penuh semangat, tertib dan menampilkan keanekaragaman budaya daerahnya masing-masing. Kota Manokwari telah menampilkan pesona harmoni Indonesia dalam tindakan nyata.

Puncak peringatan PI 168 dilaksanakan di Pulau Mansinam, Manokwari hari Minggu. Di antara ribuan hadirin yang datang dari berbagai penjuru tanah air, tampak hadir Stafsus Wapres RI Dr. Gatot P. Utomo, Pj. Gubernur Papua Barat Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si dan jajaran pejabat Pemprov, Kapolda Papua Barat Irjen. Pol. Drs. Daniel T.M. Silitonga, S.H, Pangdam, Kabinda, Kajati, DPRD Prov, para Kepala Daerah se Papua Barat, Pemuka Agama, Tokoh Adat, Masyarakat dan juga unsur pemuda serta undangan khusus seperti Kesultanan Tidore dan perwakilan keluarga/keturunan Pekabar Injil yang datang khusus dari Jerman.

Baca Juga:  KNPI Provinsi Papua Pegunungan Terbitkan SK Karetaker DPD KNPI Tolikara

Sementara dari DPP KNPI hadir Ketua Umum Haris Pertama, Sekjen Gandung R.N. Huda, Ketua Bidang Organisasi M. Choir Syarifuddin dan Ketua Bidang Riset & Inovasi Nasional DPP KNPI Liga Alam Muhtar. Rombongan DPP KNPI didampingi Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Barat Dr. Samy Saiba M.Si dan jajarannya serta para Pimpinan DPD KNPI Provinsi di tanah Papua.

“168 tahun api injil menyala di tanah Papua. Di atas tanah ini ada nama Tuhan yang selalu dipermuliakan. ” ujar Pj. Gubernur Papua Barat, Komjen Paulus Waterpauw dalam sambutannya.

Menurutnya, perjalanan dua pekabar injil dari Jerman yang jauh ke tanah Papua adalah perjalanan iman yang di bawah tuntutan Tuhan. Diharapkannya, perjalanan iman dapat menjadi pendorong semangat meningkatkan kualitas iman masyarakat dan khususnya umat kristiani.

Baca Juga:  Suryadi, S.Pd., M.M, Maju Pileg 2024, GOLKAR Nomor Urut 1, Dapil Kedungkandang, Kota Malang

Sementara Ketum DPP KNPI mengaku terkesan dengan acara perayaan PI 168. “Peringatan HUT Pekabaran Injil di tanah Papua memiliki nilai yang penting bagi perjuangan pemuda di tanah Papua masa kini, khususnya bagi KNPI. Sebab mengandung nilai pengabdian yang luhur untuk menyiarkan kebaikan,” kata Haris Pertama, S.H.

Menurut Haris Pertama yang sedang menyelesaikan studi S-2 di UB, pemuda di KNPI harus menghargai perbedaan sebab itulah salah satu bentuk pluralitas bangsa yang kita banggakan, dan bagaimana kaum muda mengambil teladan dari para pendahulu yang telah berjasa membawa dan menyebarkan kebaikan bagi masyarakat tanpa pamrih.

Peserta undangan dari KNPI pusat yang ikut hadir, Liga Alam, menyatakan kagum dengan kekompakan pemerintah dan masyarakat Manokwari yang ramah budaya. Hal yang menurutnya paling menonjol adalah rasa kebersamaan masyarakat tanpa memandang perbedaan.

Baca Juga:  Barakallah! DPP KNPI Berbagi Kebahagiaan Bersama Ratusan Anak Yatim DKI, Hari ke-23 Ramadan

“Pada momen istimewa bagi masyarakat Papua ini, saya melihat keteladanan kolektif. Budaya dari berbagai pelosok negri tampil memeriahkan acara dengan semangat saling menghargai. Beraneka ragam tapi menyatu dalam semangat merayakan HUT PI yang ke-168,” terang Liga Alam, S.T., S.H, yang datang dari Kota Malang, Jawa Timur ini dalam kapasitas sebagai pimpinan DPP KNPI.

Sebagaimana diketahui, momentum bersejarah kehadiran Injil di tanah Papua 168 tahun silam, selalu diperingati setiap tahunnya. Dituliskan, Injil pertama kali masuk Papua melalui Pulau Mansinam, Teluk Doreh, Manokwari, Papua Barat pada tanggal 5 Februari 1855. Injil masuk melalui dua tokoh misionaris Injil asal Jerman yakni Carl Wilhelm Ottow dan Johann Gottlob Geissler. Setiap tahun, ribuan bahkan puluan ribu pengunjung memeriahkan peringatan PI di pulau Mansinam yang indah. **

Generasi muda Manokwari ikut meriahkan karnaval bersama ribuan peserta lainnya, menyambut HUT PI 168 tahun 2023 / wp
Example 120x600