Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
BeritaEkonomi

Lonjakan Order Bulan Ramadhan? UMKM Perlu Waspadai Kapasitas Operasional

124
×

Lonjakan Order Bulan Ramadhan? UMKM Perlu Waspadai Kapasitas Operasional

Sebarkan artikel ini

Jurnal Malang, Ekonomi – Memasuki Bulan Ramadhan, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) diperkirakan akan mengalami lonjakan pesanan hingga 63%, prediksi ini didasarkan pada data tren kenaikan transaksi seller UMKM yang tergabung di Crewdible pada Ramadhan tahun sebelumnya.

Crewdible mencatatkan adanya lonjakan transaksi di berbagai bidang usaha khususnya fashion, gaming, dan otomotif. Bidang Fashion mengalami lonjakan transaksi terbesar pada kategori fashion anak (63%), disusul busana muslim (22%), wanita (13%), dan pria (8%). Setelah fashion, bidang Gaming mengalami kenaikan transaksi sebesar 21% dan otomotif sebesar 4%.

Lonjakan transaksi ini terbukti menjadi angin segar bagi para pebisnis. Salah satu seller Crewdible, Geulis, bahkan mencatatkan kenaikan omset hingga empat kali lipat. Momentum Ramadhan tentunya menjadi sangat penting bagi Geulis yang bisnisnya berfokus pada busana wanita.

Namun di tengah euforia Ramadhan, para pelaku UMKM perlu mewaspadai beberapa ancaman yang mengintai saat terjadinya peningkatan pesanan. Melonjaknya lalu lintas pelanggan pada toko dapat menjadi tantangan tersendiri apalagi di saat pelaku bisnis dan tim sedang berpuasa, atau kekurangan tenaga kerja akibat cuti mudik lebih awal. Tanpa strategi yang tepat, peningkatan pesanan selama bulan Ramadhan dapat menjadi bumerang khususnya untuk bisnis-bisnis yang berukuran kecil dan mikro.

Baca Juga:  Di Forum KTT Khusus ASEAN-Australia, Presiden Jokowi Serukan Penguatan Integrasi Ekonomi

Bagi tim Geulis yang selalu menghadapi lonjakan operasional dalam bulan Ramadhan, kehadiran layanan bantuan operasional dan gudang dari Crewdible menjadi sangat vital dalam menjawab tuntutan pemenuhan pesanan. Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan ke lima yang akan Geulis dan Crewdible lewati bersama.

Bukan hanya bersama Geulis, Crewdible juga menghimbau para pelaku UMKM lainnya untuk mempersiapkan diri dari segi operasional agar dapat menyambut rezeki Ramadhan secara maksimal. Crewdible juga memberikan dukungan berupa subsidi layanan bantuan bisnis bagi UMKM.

Baca Juga:  Pemuda Katolik Kab. Boven Digoel Diskusi Bersama Pastor Paroki Hati Kudus Tanah Merah

Subsidi Crewdible hadir dalam ‘Promo Siap Ramadhan’ yang memberikan potongan spesial sebesar Rp300.000 untuk jasa fulfillment gudang online (simpan, packing, kirim), dan diskon 10% untuk layanan bantuan bisnis ‘CrewBiz’ seperti jasa admin online shop, host live selling, hingga foto/video produk.

Senior Marketing Manager Crewdible, R. Anugrah Pria Pratama, menjelaskan bahwa Promo Siap Ramadhan ini merupakan salah satu perwujudan komitmen Crewdible dalam memperkuat brand lokal, dalam konteks kali ini, untuk menyambut peluang Ramadhan.

“Kami melihat masa Ramadhan sebagai momentum yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap pebisnis baik yang sudah berpengalaman, maupun bagi yang pemula. Khususnya untuk yang pemula, kenaikan belanja di bulan Ramadhan menghadirkan kesempatan yang belum tentu datang lagi sepanjang tahun, menjadikan momen ini sebagai saat paling ideal untuk memulai dan mengembangkan bisnis lebih besar. Sekarang “susah memulai” tak lagi bisa jadi alasan. karena dengan semakin banyaknya jasa dan product yang fokus pada UKM mulai dari pendanaan, pengaturan keuangan, design dan produksi produk, marketing hingga layanan seperti Crewdible yang fokus membanti dari sisi operasional pergudangan dan logistik  untuk UKM kini sangat mudah untuk diakses.” ujar Anugrah

Baca Juga:  DPP KNPI Apresiasi Polri Tangkap Bos ATG Wahyu Kenzo

Tidak hanya subsidi bagi para bisnis, Crewdible juga mempersiapkan ‘Kejutan Hari Kemenangan’, hadiah lebaran bagi pelaku UMKM yang mendaftar selama periode Ramadhan berupa voucher menginap di Sari Pacific Hotel bagi bisnis terpilih. Soal Kejutan Hari Kemenangan, Anugrah berharap hadiah ini dapat menambah semangat pebisnis dalam menyambut bulan Ramadhan.

“Kita mengapresiasi setiap pebisnis lokal yang berjuang selama bulan Ramadhan, saat order yang dihadapi sedang tinggi-tingginya, bersamaan dengan momen berpuasa. Maka dari itu kami ingin menambah penyemangat dalam bentuk hadiah Lebaran berupa voucher hotel.” Lanjut Anugrah. (Rls/ed-wp). **

Example 120x600