Presiden Jokowi Paparkan Transisi Energi Berkeadilan di Forum APEC, Amerika Serikat

WP, Warta Dunia – Presiden RI Ir. H. Joko Widodo hadir dan menyampaikan pidato pada APEC Economic Leaders’ Informal Dialogue and Working Lunch di Moscone Convention Center, San Fransisco, Amerika Serikat, hari Kamis waktu setempat, atau Jumat Waktu Indonesia.

“Dalam pertemuan bertema “Sustainability, Climate and Just Energy Transitions” tersebut, saya menyampaikan hal-hal penting yang harus menjadi fokus kerja sama APEC dalam isu perubahan iklim,” terang Jokowi melalui akun media nya.

Baca Juga:  Kelompok Tani Ngudi Utomo Udanawu Blitar Mengendalikan Hama Tikus dengan Rumah Burung Hantu

Poin yang dipaparkan presiden, pertama, APEC harus mewujudkan transisi energi yang berkeadilan, kolaborasi yang setara, saling menguntungkan, dan sejalan dengan Dokumen Bangkok tentang BCG Economy dan Prinsip Transisi Energi yang adil.

Kedua, APEC harus memastikan akses setiap ekonomi pada teknologi hijau yang terjangkau, berkelanjutan, dan modern. Hal tersebut dapat dilakukan melalui transfer teknologi, pembangunan kapasitas, dan akses terhadap mineral kritis.

Baca Juga:  Presiden Iran Kunjungi Indonesia, Pengamat Nilai Momentum Strategis Perkuat Diplomasi Timur Tengah

Ketiga, APEC harus mendorong mekanisme pembiayaan inovatif melalui sinergi dan kemitraan yang melibatkan partisipasi swasta serta dukungan lembaga keuangan internasional. (Fb/ed-wp). **