Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
Pariwisata

Taman Kemesraan Pujon (Malang), Harmoni Keindahan Alam dan Pesona Kultur Jawa

106
×

Taman Kemesraan Pujon (Malang), Harmoni Keindahan Alam dan Pesona Kultur Jawa

Sebarkan artikel ini

Tak kalah keren dari lembah Pandora di Film Avatar

Warta Press, Jelajah Wisata – Pujon Malang, dataran tinggi yang bersebelahan dengan kota wisata Batu. Daerah yang memiliki bukit-bukit indah, lembah hijau dan sungai besar dengan sumber air melimpah.

Di sana terdapat sebuah tempat wisata, yang meskipun masih baru, tetapi sudah sangat ramai dikunjungi wisatawan. Selain karena akses menuju lokasi yang mudah karena berada di dekat jalan besar, yaitu Jalan Dadapan Wetan, Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malan, area parkir luas dan tak jauh dari Kota Batu, juga karena keindahan khas tempat wisatanya sendiri yang bisa dibilang, salah satu tempat wisata alami yang ternyaman dan bikin pikiran adem.

Taman Kemesraan Pujon, memadukan dua aspek utama hiburan wisata, yaitu keindahan alami kawasan dan edukasi budaya tradisional (Jawa). Kedua hal tersebut dipadukan dengan sentuhan kreativitas kekinian yang membuat kawasan menjadi lebih keren, lebih “hidup”, dan memperkuat citra alamiah kawasan sehingga pengunjung dari berbagai usia merasa senang lahir batin.

Baca Juga:  Gelar Sport Tourism, Kenalkan Malang Raya di Mata Dunia

Dari sisi keindahan alamnya, Taman Kemesraan Pujon memang beda. Pertama-tama masuk kawasan ini kita akan melintasi sebuah sungai besar jernih, melalui jembatan gantung yang ketika kita selfie cukup instagramable.

Di ujung jembatan kita akan memasuki “gerbang” dunia lain semacam “Avatar” versi Jawa yang lebih nyata dibanding citra film-film, dimana kita akan menyusuri dataran hijau berbunga khas, melihat tebing batu raksasa yang lebar dan rata, pepohonan besar yang mengingatkan kita akan usianya yang panjang, lorong beratapkan tumbuhan dan bunga, kolam besar dengan sumber mata air alami yang hidup sepanjang waktu. Di antara itu terdapat “Avatar” berupa karakter-karakter yang digali dari budaya dan legenda besar bangsa Nusantara.

Dari aspek kultural, taman ini menyajikan sejumlah simbol budaya Nusantara, khususnya Jawa yang ikonis. Ada Gatotkaca berotot kaca balung wesi, beberapa karakter utama dalam wayang, Dewi Prajna, Srikandi, topeng Panji dan berbagai sentuhan budaya visual tiga dimensi lainnya yang ditata sesuai dengan tema dan komposisi alamiah kawasan.

Baca Juga:  Pesawat Garuda Indonesia Livery Pocari Sweat, Komitmen Kedua Brand Dukung Sport Tourism di Indonesia

Keindahan taman ini didukung oleh fasilitas pariwisata kreatif seperti danau kecil yang bisa dibuat mendayung sampan, kolam renang, mobil mini All Terrain Vehicle (ATV) dengan rute onroad sehingga ramah pemula, warung dengan menu aneka masakan Jawa yang segar, zona perkemahan dimana pengunjung dapat menginap di alam terbuka, dan tentu saja sejumlah spot area untuk mengambil gambar terbaik buat pengunjung yang memiliki hobi selebgram.

Taman Kemesraan merupakan kombinasi arsitektur alam, yang dihiasi ornamen kultural Jawa, dengan sentuhan kreatif kepariwisataan masa kini. Inilah contoh membangun kawasan pariwisata yang selain menghibur, edukatif, sadar budaya tetapi juga ramah lingkungan. Potensi alaminya tidak ada yang cedera, sebaliknya disempurnakan agar lestari dan dapat dinikmati.

Baca Juga:  PHRI Kota Malang singgung kamar hotel jadi tempat asusila, Netizen: negara maju sudah urus teknologi

Meskipun langit adalah tempat berteduh terbaik bagi makhluk, tetapi di taman ini tetap ditanam banyak pepohonan, selain menambah suasana rimbun juga untuk memberi kesempatan bagi burung-burung mendapatkan kebahagiaannya.

Dilihat dari tiket masuk, harga menu kuliner di luar maupun di dalam taman, terbilang murah mengingat keindahan yang ditawarkan. Jika diumpamakan, Taman Kemesraan ini laksana wisatanya kaum ‘bangsawan’ dengan harga kawulo. Berkelas tapi ramah disaku.

Sebagai tempat wisata alam kreatif, Taman Kemesraan ini sangat rekomended. Cocok untuk wisata keluarga, healing muda-mudi yang kelamaan bete, gabut di kota-kota, dan atau untuk tempat bagi rombongan – grup yang apakah sekadar hiburan bersama atau acara semi-formal dan outbound. **

Beberapa sisi Taman Kemesraan Pujon, Malang
(Gbr diambil dari ig: taman_kemesraan)
Example 120x600