Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
BeritaInternasional

2 Anggota Pasukan Elit AL AS Dinyatakan Tewas Usai Gerebek Kapal Iran di Laut Arab

202
×

2 Anggota Pasukan Elit AL AS Dinyatakan Tewas Usai Gerebek Kapal Iran di Laut Arab

Sebarkan artikel ini

Diyakini tenggelam saat memanjat kapal Iran yang diduga mengangkut komponen rudal untuk Houthi

WP, Warta Dunia – Upaya pihak Amerika Serikat (AS) melakukan Pencarian selama 10 hari untuk menyelamatkan dua Navy SEAL yang hilang di Laut Arab kandas. Dua anggota pasukan elit dari Angkatan Laut AS tersebut dianggap meninggal. Dua Navy SEAL itu sebelumnya dalam misi menaiki kapal untuk menyita senjata buatan Iran.

Dalam sebuah pernyataan, mengutip portal berita global The Associated PRESS (AP) pada Senin, Komando Pusat AS mengatakan pencarian tersebut kini diubah menjadi upaya pemulihan. Nama-nama SEAL belum dirilis karena pemberitahuan keluarga terus berlanjut.

Kapal dan pesawat dari AS, Jepang dan Spanyol terus melakukan pencarian di lebih dari 21,000 mil persegi, kata militer, dengan bantuan dari Pusat Meteorologi Numerik dan Oseanografi Armada, Komando Area Atlantik Penjaga Pantai AS, Universitas San Diego – Scripts Institute of Oceanography dan Kantor Penelitian Angkatan Laut.

Baca Juga:  Putra Mahkota Yordania Menikahi Putri Bangsawan Arab Saudi

“Kami berduka atas kehilangan dua prajurit Perang Khusus Angkatan Laut kami, dan kami akan selamanya menghormati pengorbanan dan teladan mereka,” kata Jenderal Erik Kurilla, kepala Komando Pusat AS. “Doa kami bersama keluarga SEAL, teman-teman, Angkatan Laut AS, dan seluruh komunitas Operasi Khusus selama masa ini.”

Menurut para pejabat, serangan pada 11 Januari menargetkan sebuah kapal tak berbendera yang membawa senjata ilegal buatan Iran untuk pemberontak Houthi di Yaman. Para pejabat mengatakan bahwa saat tim menaiki kapal, salah satu SEAL tenggelam di laut yang deras, dan rekan satu tim masuk untuk mencoba menyelamatkannya.

Baca Juga:  Presiden Ingatkan Pejabat Negara, ASN dan Kepala Daerah Tunaikan Kewajiban Zakat Melalui Baznas

Pasukan komando tersebut diluncurkan dari USS Lewis B. Puller, sebuah pangkalan laut bergerak, dan mereka didukung oleh drone dan helikopter. Mereka dimuat ke kapal tempur operasi khusus kecil yang digerakkan oleh kru perang khusus angkatan laut untuk sampai ke kapal.

Dalam penggerebekan tersebut, mereka menyita serangkaian persenjataan buatan Iran, termasuk komponen rudal jelajah dan balistik seperti alat penggerak dan pemandu serta hulu ledak, serta suku cadang pertahanan udara, kata Komando Pusat. Ini menandai penyitaan terbaru oleh Angkatan Laut AS dan sekutunya atas pengiriman senjata yang ditujukan kepada pemberontak, yang telah melancarkan serangkaian serangan yang kini mengancam perdagangan global di Laut Merah dan Teluk Aden akibat perang Israel terhadap Hamas di Jalur Gaza. Komponen rudal yang disita termasuk jenis-jenis yang kemungkinan digunakan dalam serangan tersebut. (Ap/la/wp). **

Baca Juga:  Pengurus DPC Partai Demokrat Kota Pasuruan Ajukan Perlindungan Hukum
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *