Scroll ke bawah untuk membaca post
Example floating
Example floating
BeritaEkonomi

Persatuan Pedagang Ayam Broiler Malang Raya, Perkuat Bisnis yang Sama-sama Menguntungkan

647
×

Persatuan Pedagang Ayam Broiler Malang Raya, Perkuat Bisnis yang Sama-sama Menguntungkan

Sebarkan artikel ini

Perbaikan sistem kerjasama usaha yang adil dan saling menguntungkan, Pemerintah diharapkan turut mendampingi

WartaPress, Malang JATIM – Para pelaku usaha perdagangan ayam broiler di Malang Raya JATIM akhirnya berkumpul, bermusyawarah dalam rangka menyatukan pemahaman, menata kembali sistem komunikasi, penguatan hubungan bisnis yang saling menguntungkan, dan bagaimana menyempurnakan alur distribusi barang yang tidak merugikan pihak manapun.

Dinilai, sistem perdagangan ayam broiler Malang Raya selama ini tampak berjalan normal, namun di beberapa sisi perlu ada perbaikan. Karena faktanya, masih ada pedagang yang dirugikan dengan sistem yang sedang berjalan ini.

Salah satu cara memperbaiki celah tersebut adalah dengan bermusyawarah mengumpulkan informasi, memetakan masalah yang ada, selanjutnya mencari solusi terbaik. Apapun langkah yang diambil harus berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Pada titik inilah pemerintah daerah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, harus ikut turun untuk mendukung, mengawal aspirasi para pelaku usaha. Di sisi lain, segala regulasi PEMDA haruslah berpihak pada masyarakat dan pelaku usaha. OPD terkait harus menjadi mediator yang mendampingi paguyuban pedagang pada setiap ada kendala di lapangan.

Baca Juga:  Relawan Pendukung Prabowo-Gibran di Kota Malang Nobar Quick Count, Sampaikan Salam Damai untuk Indonesia

Rapat perdana dari para pelaku usaha ayam broiler ini, menghasilkan sejumlah kesepakatan dan rekomendasi, yang nanti akan ditindaklanjuti melalui wadah organisasi paguyuban pedagang. Berikut ini poin-poin yang dihasilkan, sebagaimana keterangan tertulis yang disampaikan kepada media ini:

PERSATUAN PEDAGANG AYAM BROILER/LB (PPAB) MALANG RAYA
Sekretariat: Malang – Jawa Timur
Perihal: Laporan (Rangkuman) Pertemuan PPAB Malang Raya Periode 1
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

KepadaYth: Bapak/Ibu,Sdr/Sdri MARKETING/KANIT KEMITRAAN AYAM BROILER dan BROKER, Beserta Anggota Pedagang Ayam Broiler (LB) MALANG RAYA Di MALANG – JATIM.

Dalam pertemuan (Musyawarah) PERSATUAN PEDAGAN AYAMBROILER / LB (PPAB) MALANG RAYA, yang dilaksanakan pada tanggal 05 July 2023, yang bertempat di Warung Ndeso, yang beralamat di desa Jedong, Kec. Wagir, Kab. Malang, Jawa – Timur. Yang diwakili oleh Pabrikan/ Kemitraan, dan Broker yang ada di Malang Raya ini. Dengan Peserta dan anggota yang hadir sbb: 1. Dari perwakilan Pabrikan / kemitraan: 23 peserta, 2. Dari perwakilan Broker (Bakul ): 11 peserta.

Baca Juga:  AKBP (Purn) Dr. Dody Eko Wijayanto Dilantik Sebagai Penjabat Rektor UNISLA

Di dalam pertemuan tersebut, kami selaku sebagai Pengurus PERSATUAN PEDAGAN AYAM BROILER/ LB Malang Raya, merangkum (menyampaikan) Hasil dalam pertemuan sebagai berikut:

1. Penertiban bakul-bakul, yang lewat Broker maupun Langsung Do Pabrikan / Kemitraan.

  1. Penertiban setingan bakul, Broker wajib menyertakan (Plat mobil, dan tonase pengambilan) Contoh : N 2255 CC =700kg.
  2. Pengurus PPAB akan memberikan Teguran, peringatan kepada Pabrikan / Kemitraan, yang masih memberikan DO kepada bakul. Bilamana ada laporan dari Broker terkait bakul yang masih di stop.
  3. Pabrikan / Kemitraan dan Broker, bersama- sama (bersatu) saling memberikan informasi bila mana ada bakul yang menghambat perputaran (mengendap terlalu banyak).
  4. Penertiban bakul yang masih mempunyai tunggakan di Broker, supaya pabrikan / kemitraan / Broker yang lain tidak memberikan DO.
  5. Penertiban Proses pengambilan LB, bagi pabrikan / kemitraan wajib menginfokan kepada penimbang / peternak (bagi yang tidak ada penimbangnya), wajib memeriksa kelengkapan Plat mobil, SIM/KTP, dan STNK harus sama dengan kendaraan tersebut.
  6. Pabrikan / kemitraan, bersatu bersama2 Broker mengawal harga jual bakul, dari mulai eceran hidup (LB), sampai Ke harga jual di pasar.
  7. Pabrikan/Kemitraan, bersama dengan Broker saling memberikan informasi terkait bakul-bakul yang mempunyai tunggakan (tanggungan).
  8. Segera merilis/mencatat, bakul-bakul yang mempunyai tanggungan di atas standar pengambilan dan wajib memberikan info tersebut kepada pengurus PPAB Malang Raya.
Baca Juga:  KNPI Pusat: Pj. Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw Berprestasi, Layak Diperpanjang

Demikian hasil dari pertemuan (musayawarah) antara pengurus PPAB, Pabrikan/Kemitraan, beserta Broker Malang Raya, agar segera di realisasikan demi kelangsungan kerja sama, kelancaran kita semua. Dengan harapan Perdagan Ayam Broiler (LB) di Malang Raya ini kedepannya bisa lebih baik dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

NB: Kami Pengurus PPAB Malang Raya, menyampaikan Banyak banyak terima kasih kepada temen temen (Pabrikan / Kemitraan / Broker) yang telah hadir, untuk menyatukan suara dan inspirasinya, Untuk Perdagangan Ayam Broiler (LB) di Malang Raya ini. Bagi temen temen (Pabrikan / Kemitraan / Broker yang belum bisa hadir, harapan kami di pertemuan berikutnya (3 bulan lagi) bisa hadir, terima kasih. (Red1/aak/lam/wp). **

Example 120x600